Gejala Penyakit Liver dan Cara Penyembuhannya

Gejala penyakit liver dan cara penyembuhannya sangat penting untuk mengenal. Penyakit ini adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan harus segera ditangani sejak dini. Penanganan terbaik untuk mengatasi penyakit liver adalah dengan pencegahan, maka dari itu kita harus tahu gejala awal penyakit liver ini.

Penyakit liver adalah penyakit yang menyerang organ hati, yaitu menyebabkan hati menjadi mengeras yang. Penyakit ini timbul akibat bertambahnya serabut pada jaringan hati dan juga karena sel-sel hati yang rusak. Penyebabnya bisa berbagai macam, bisa karena kurangnya makanan bergizi, terlalu lelah, hama, atau yang berbahaya adalah karena efek meminum minuman keras.

Beberapa Gejala Penyakit Liver dan Cara Penyembuhannya (Gejala Awal)

Ada beberapa hal yang dapat dicurigai sebagai gejala penyakit liver. Gejala penyakit ini bisa berupa terjadinya kelainan yang terjadi pada tubuh. Gejalanya yang bisa dilihat dengan kasat mata salah satunya adalah perut buncit.

Ini disebabkan karena adanya pembengkakan yang terjadi di daerah perut di bawah tulang rusuk pada bagian kanan bawah. Gejala penyakit liver yang kedua adalah perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuning-kuningan, atau bisa juga disertai dengan lingkaran kulit pada bagian bawah mata menjadi tampak gelap.

Gejala yang ketiga adalah air kencing warnanya berubah menjadi kuning gelap yang dapat disertai dengan bau yang tidak sedap dan menyengat. Hal ini dapt disertai dengan buang air besar atau BAB yang tidak lancar. Ada juga beberapa yang lain seperti badan yang lemas, lemas, rasa haus berlebihan, tubuh yang sering atau mudah memar, dan sakit kepala. Jadi kita harus mengenal gejala penyakit liver dan cara penyembuhannya sejak dini agar terhindar dari hal-hal yang lebih fatal.

Gejala Penyakit Liver dan Cara Penyembuhannya Sejak Dini

Sedikit ulasan tentang beberapa gejala penyakit liver diatas membuat kita harus lebih waspada. Karena gejala yang tidak ditangani secara serius atau bahkan diacuhkan dapat menimbulkan gejala yang lebih gawat seperti Aplastic Anemia dan juga Ascites.

Pencegahan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. Mengubah pola hidup menjadi lebih baik dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi, tidak menggunakan narkoba, tidak meminum minuman keras, menyeimbangkan asupan gizi dan nutrisi, dan jangan dibiasakan mengkonsumsi obat-obatan medis secara berlebihan, serta menghindari makanan instan.

Perbanyak konsumsi sayuran segar seperti kubis, bayam, wortel, buncis, brokoli, dan juga buah-buahan seperti tomat, jeruk, alpukat, apel, maupun pepaya. Hindari juga makanan berlemak, makanan yang dibakar.

Apalagi jika sudah terkena gejala liver, untuk penyembuhan maksimal coba periksakan diri ke dokter dan ikuti anjuran dokter. Nah, dengan beberapa gejala penyakit liver dan cara penyembuhannya serta pencegahannya, kita harus lebih waspada dan menghindari hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu