Gejala Sakit Haid Yang Sering Terjadi

siklus haid berantakan

Gejala sakit haid adalah hal yang biasa terjadi pada kaum hawa. Haid atau mentruasi adalah suatu proses alami yang terjadi pada perempuan. Dalam dunia medis, pengertian haid adalah suatu proses meluruhnya dinding rahim yang ada di bagian dalam atau yang disebut dengan endomentrium. Dinding rahim yang meluruh itu kemudian dikeluarkan dalam bentuk cair yang disertai dengan darah yang keluar dari vagina. Haid atau menstruasi ini terjadi pada masa reproduksi dan normalnya terjadi secara rutin setiap bulan. Seorang perempuan mulai mengalami haid ketika memasuki masa pubertas. Nah, saat menstruasi terjadi ada beberapa gejala yang terjadi pada diri perempuan baik dari segi fisik maupun psikologis.

Penyebab Gejala Sakit Haid Pada Perut

Haid adalah proses yang secara alami terjadi dan biasanya menimbulkan hal-hal tertentu seperti sakit perut dan lain sebagainya. Nah, ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan sakit perut itu terjadi. Pertama adalah kram yang dapat terjadi sewaktu-waktu sebelum menstruasi atau hari pertama. Hal ini disebabkan karena kontraksi yang terjadi pada rahim yang intensitasnya tinggi sehingga menyebabkan kram. Kedua adalah endometriosis yang biasanya terjadi jika jaringan di sepanjang garis rahim atau uterus (endometrium)tumbuh keluar uterus. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam dan intens pada perut. Untuk gejala yang satu ini sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca juga : sebab kenapa belum haid

Selanjutnya yang ketiga adalah fibroid yang merupakan sejenis tumor jinak dan tumbuh pada dinding uterus. Gejala ini umum dialami oleh wanita walaupun penyebabnya juga belum diketahui. Memang tidak berbahaya, namun terkadang juga dapat mengganggu kehamilan dan perlu penanganan lebih lanjut. Penyebab gejala sakit haid yang keempat adalah Pelvic Inflammatory Disease (PID). Ini adalah infeksi yang terjadi pada organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh penyakit menular seksual yang tidak diatasi secara langsung.

Cara Mengatasi Gejala Sakit Haid

Gejala yang terjadi pada saat haid seperti tubuh lemas, bad mood, malas, atau lelah memang sudah umum. Hal inilah yang kemudian berpengaruh pada kondisi psikologis seorang perempuan yang sedang haid. Cara mengatasinya antara lain yang pertama adalah untuk mengatasi endometriosis dengan mandi dengan air hangat agar otot-otot tubuh tidak terlalu tegang.
Cara lainnya adalah konsumi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti kacang-kacang, daging merah, dan  bayam. Bila perlu lakukan senam menstruasi yang dapat memperkecil rasa sakit pada perut dan pinggang. Karena kurang aktivitas saat haid juga dapat menambah gejala sakit haid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu