Haid Tak Teratur dan Keputihan, Penyebab Sulit Dapat Keturunan?

Kesehatan organ reproduksi menentukan mudah tidaknya mendapatkan keturunan. Haid tak teratur dan keputihan adalah gangguan kesehatan reproduksi yang sering dikeluhkan para wanita. Khawatir sulit mendapat keturunan  karena gangguan tersebut sering menyebabkan wanita stress berkepanjangan. Menemukan solusi terbaik merupkan tindakan bijaksana daripada cemas namun tidak berupaya menyembuhkannya.

Definisi Keputihan

Keputihan dalam dunia medis disebut sebagai fluor albus. Keputihan merupakan kondisi keluarnya cairan vagina yang melebihi batas kewajaran.  Cairan tersebut bisa berupa lendir kental atau cairan bening tetapi bukan urin dan bukan darah.

Keputihan dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan fisiologis (lazim terjadi) dan patologis (dikategorikan sebagai penyakit). Keputihan fisiologis adalah keluarnya cairan vagina yang mengandung banyak epitel. Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada ibu hamil atau pada masa menjelang menstruasi. Keputihan patologis terjadi jika cairan yang keluar dari vagina didominasi leukosit. Keputihan patologis disebabkan oleh berbagai faktor, utamanya karena infeksi oleh jamur dan parasit.

Gejala dan Penyebab Keputihan

Keputihan fisiologis ditandai dengan ciri khas cairan yang keluar dari vagina berbentuk encer, tidak menyebabkan gatal, tidak berbau dan tidak terlalu banyak. Keputihan patologis memiliki gejala berupa lendir kental, berwarna putih susu, kuning, krem kecoklatan atau kehijauan, menimbulkan rasa gatal, mengeluarkan bau tak sedap, jumlahnya sangat banyak sehingga berbekas di pakaian dalam.

Keputihan patologis disebabkan oleh banyak faktor terutama infeksi jamur Candida albians dan parasitTricomonas. Kedua jenis mikroorganisme ini semakin meningkat jika vagina tidak higienis dan terlalu lembab. Hormone dan metabolisme tubuh merupakan penyebab utama dari keputihan fisiologis.

Keputihan fisiologis salah satunya terjadi ketika menjelang menstruasi. Jika menstruasi tidak teratur namun keputihan terjadi secara terus menerus dapat diindikasikan sebagai gangguan kesehatan pada organ reproduksi.

Mengapa Haid Tidak Teratur ?

Menstruasi merupakan salah satu pertanda berkembangnya organ reproduksi dalam wanita. Menstruasi pertama terjadi di sekitar usia 12 – 15 tahun. Namun ada sebagian gadis remaja sudah menstruasi di usia delapan tahun. Sebagian lagi mungkin khawatir jika hingga usia 15 tahun tak kunjung mendapatkan menstruasi. Remaja wanita yang terlambat mendapatkan menstruasi biasanya akan mengalami gangguan siklus menstruasi.

Gangguan siklus menstruasi bisa disebabkan banyak faktor antara lain faktor keturunan, kondisi psikologis, gangguan hormonal dan indikasi penyakti tertentu pada organ reproduksi.

Siklus menstruasi normal terjadi antara 21-35 hari. Pendarahan yang terjadi di luar siklus patut dicurigai sebagai gejala kanker rahim stadium awal. Apalagi jika disertai keluhan keputihan yang terjadi secara terus menerus disertai bau tak sedap.

Siklus haid tak teratur dan keputihan patologis sebagai indikasi gangguan reporoduksi hendaknya segera diatasi. Jika tidak mendapatkan penyelesaian terbaik dikhawatirkan akan mempersulit terjadinya proses konsepsi. Sehingga sulit mendapatkan keturunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu