Hal Mengenai Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh

Mengonsumsi teh memang telah dipercaya memiliki begitu banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis teh yang memiliki banyak penggemar dan cukup populer adalah teh hitam. Dimana manfaat teh hitam akan memberikan begitu banyak hal positif untuk tubuh. Namun sebelum mengonsumsinya ada baiknya mengetahui hal dan juga manfaat dari mengonsumsi teh hitam.

Hal Mengenai Teh Hitam

Sebelum membahas mengenai manfaat teh hitam ada baiknya mengetahui hal apa saja yang membuat manfaat tersebut bisa ada. Perlu diketahui bahwa teh hitam memiliki begitu banyak kandungan dan senyawa yang baik untuk tubuh. Semua itu karena teh hitam mampu menyerap paparan oksigen sehingga proses oksidasi akan terjadi. Hal itu jugalah yang membuat warna daun pada teh ini menjadi berwarna gelap. Proses oksidasi  juga akan membuat teh hitam memiliki aroma dan juga rasa yang jauh lebih kuat terasa.

Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh

Kepopuleran teh hitam tentunya tidak lepas dari begitu banyak kelebihan yang dimiliki teh hitam. Sehingga saat mengonsumsi teh hitam dengan teratur tentu saja manfaatnya akan dapat dirasa, itulah yang membuat teh hitam banyak dikonsumsi. Berikut manfaat teh hitam bagi tubuh yang harus diketahui:

1. Mampu Membuat Jantung Sehat

Teh hitam memiliki begitu banyak manfaat yang pertama adalah meningkatkan kesehatan jantung. Hal itu semua dapat terjadi karena teh hitam memiliki kandungan Flavon yang baik untuk jantung manusia. Untuk itu konsumsilah kiranya sekitar 2 hingga 3 cangkir teh hitam setiap harinya. Sehingga manfaatnya akan lebih cepat terasa.

2. Mampu Mengurangi Resiko Diabetes Dan Kolestrol

Manfaat teh hitam dapat dirasakan jika telah mengonsumsinya dalam jangka waktu lama. Dimana kandungan Catechin dan Teaflavin mampu mengurangi resiko diabetes dengan cara meningkatkan kerja hormon untuk mengelola glukosa dengan baik.. Tidak sampai disitu saja, dengan mengonsumsi teh hitam juga akan mampu menurunkan kolesterol. Dimana kolestrol jahat akan mampu diserap oleh tubuh dan dikeluarkan kembali saat buang air.

3. Meringankan Penyakit Asma Dan Risiko Batu Ginjal

Teh hitam juga memiliki kandungan flavonoid yang berguna untuk meringankan para penderita penyakit asma. Sehingga dengan rutin mengonsumsi teh hitam akan merendahkan penyebab asma dan asma tidak akan sering kambuh. Tidak hanya disitu, kandungan pada teh hitam juga mampu mengurangi resiko terjadinya batu ginjal.

4. Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson

Otak merupakan bagian dari tubuh manusia yang sangatlah penting keberadaannya, tentunya hal itu membuat otak harus benar-benar dijaga dengan baik. Dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin akan mampu menurunkan resiko Penyakit Parkinson. Penyakit parkinson sendiri merupakan penyakit yang menyerang saraf otak manusia. Teh hitam memiliki kandungan polifenol dimana mampu membuat saraf otak manusia terus sehat.

5. Menurunkan Resiko Kanker Ovarium

Untuk kaum wanita mengonsumsi teh hitam tentunya akan sangat baik untuk tubuh. Dimana kandungan Teaflavin dalam teh hitam mampu membuat sel kanker ovarium menurun pertumbuhannya. Sehingga dengan mengonsumsi teh hitam mampu menurunkan resiko kanker Ovarium pada wanita.

6. Mampu Membuat Tulang Sehat

Teh hitam juga memiliki kandungan Phytochemical yang jika dikonsumsi secara teratur akan membuat tulang menjadi padat dan tidak cepat keropos. Hal ini tentunya sangat cocok baik untuk anak muda ataupun orang dewasa dan lansia. Dengan mengonsumsi teh hitam akan membuat tulang jauh lebih kuat dan juga mengurangi resiko radang sendi.

7. Mampu Meningkatkan Kadar Energi Tubuh

Perlu diketahui bahwa teh hitam memiliki kandungan kafein yang jauh lebih rendah dari jenis teh atau kopi lainnya. Sehingga aliran darah menuju otak tidak akan merangsang jantung untuk terlalu bekerja keras. Dengan begini sistem pernafasan tidak akan terganggu justru akan semakin baik.

8. Menghilangkan Radikal Bebas Dan Mampu Membersihkan Bakteri Tubuh

Lalu selain itu mampu menghilangkan molekul beracun pada tubuh, baik itu akibat makanan ataupun radikal bebas. Sehingga metabolisme tubuh akan jauh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu teh hitam juga memiliki sifat antimikroba sehingga mampu mencegah bakteri berkembang.

Dengan rutin mengonsumsi teh hitam bakteri dalam tubuh akan mampu dibersihkan. Jadi selain tidak mudah sakit dengan mengonsumsi teh hitam juga membuat racun di tubuh menghilang sehingga energi terus meningkat.

9. Mampu Membuat Mulut Sehat

Manfaat teh hitam berikutnya adalah mampu membuat mulut menjadi lebih sehat. Semua itu karena ada kandungan polifenol yang mampu mencegah terjadinya gigi berlubang dan juga plak pada gigi. Sehingga dengan mengonsumsi teh hitam secara rutin akan membuat nafas menjadi jauh lebih segar. Tentunya mulut akan jauh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

10. Memperlancar Saluran Pencernaan Dan Mengurangi Stress

Dengan mengonsumsi teh hitam akan ada efek terapeutik yang mampu meringankan penyakit lambung dan juga usus. Sehingga pencernaan akan jauh lebih lancar tubuh akan jauh lebih ringan dan terlihat langsing tentunya. Selain itu dengan mengonsumsi teh hitam juga akan mampu menimbulkan rasa rileks. Sehingga tubuh akan merasa lebih santai dan konsentrasi akan jauh lebih meningkat.

Itulah hal mengenai manfaat teh hitam bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Dengan mengetahui segala manfaatnya terlebih dahulu tentu akan membuat rasa was-was hilang. Selain itu rasa nikmat teh hitam juga akan jauh lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu