Beli

Hemat Belanja Perlengkapan Bayi dengan 6 Cara Ini

Bunda dan ayah yang telah menikah umumnya memiliki banyak kebahagiaan yang tidak dirasakan bagi yang belum menikah. Namun dari pernikahan itulah banyak yang diharapkan, salah satunya kehadiran sang buah hati. Nah begitu buah hati dianugerahkan kepada bunda dan ayah, bahagiannya bukan main. Ketika dinyatakan positif, bunda dan ayah sibuk mempersiapkan banyak perlengkapan untuk buah hati tercinta ini.

Namun yang namanya bayi pastinya belum mengerti apa-apa, bukan? Hanya saja dengan adanya perlengkapan tersebut, membuat orangtua akan merasa bahagia. Perkembangan bayi memang tidaklah lama, hanya sekitar 1 tahunan. Jadi rasanya orangtua pun tidak perlu menyediakan terlalu berlebihan untuk perlengkapan buah hati itu.

Nah agar ketika menyambut buah hati tidak terlalu menumpuk di rumah, rasanya bunda dan ayah pun harus menghematnya. Bagaimanakah caranya agar bisa menghemat dalam belanja perlengkapan bayi kesayangan? Ini dia caranya.

Buatlah daftar yang harus dibeli

Memasuki usia kehamilan kesembilan, sebaiknya bunda dan ayah menyiapkan daftar apa saja yang akan dibeli kelak. Rasanya mempunyai waktu sebulan untuk membuat daftar dengan matang sudah cukup. Perlengkapan bayi yang penting tersebut meliputi alat untuk menyusui, alat untuk bepergian, kebutuhan bayi mandi, berbagai macam obat luar, seperti minyak bayi, dan masih banyak lagi.
Dari semua itu, ada yang harus diingat, yakni tidak semua barang tersebut akan bayi butuhkan. jadi alangkah baiknya untuk bijak dalam berbelanja.

Lakukan penghitungan jumlah tiap produk

Bayi biasanya selalu hidup boros. Dikatakan demikian karena umumnya bayi akan memakai produk yang sama dengan jumlah yang banyak dalam setiap waktunya. Sebagai contohnya, celana bayi akan dipakai dua sampai tiga buah selama satu harinya. Hal itu dikarenakan bayi rentan buang air kecil atau besar di waktu yang tidak bisa ditentukan.

Pun begitu juga dengan pemakaian botol susunya. Akan seberapa seringkah bunda melakukan sterilisasi terhadap botol susu tersebut. Tentunya semua itu akan dilihat dari pola jadwal makan bayi kita.
Ketika masa pembersihan semua produk-produk tersebut, tentunya harus ada produk cadangannya, bukan?

Membeli pakaian sebaiknya dengan ukuran yang lebih besar 1 nomor

Perkembangan bayi umumnya terjadi dengan cukup cepat dari yang kita bayangkan. Kita ambil contoh, jika kita membeli sebuah baju, bisa jadi baju tersebut hanya muat untuk 1 bulan saja. Jika sudah begitu maka pembelian perlengkapan pun akan menjadi boros, bukan? Untuk itu, alangkah baiknya beli pakaian selalu dengan nomor yang lebih besar dari biasanya. Selisihnya cukup 1 nomor saja.

Jangan khawatir karena hampir banyak merek mempunyai pola jahitan yang selalu dibutuhkan oleh makhluk lucu tersebut. Jadi bunda dan ayah tidak perlu risau.

Cerdas dalam membeli diaper

Diaper sangat dibutuhkan oleh bayi. Namun diaper tersebut biasnaya tidak akan bertahan dengan waktu yang lama. Untuk itu, selalu cerdas dalam membeli diaper sangat diperlukan. Diaper yang dibutuhkan sebaiknya dengan ukuran newborn serta dengan ukuran yang nomor 1. Kenapa demikian? Karena umumnya ukuran newborn tersebut tidak akan terlalu lama dipakai oleh bayi.

Beli dalam jumlah yang besar

Jika bunda ingin berhemat maka bisa membeli perlengkapan bayi dengan jumlah yang besar. Pembelian jumlah banyak itu biasanya akan memiliki harga yang jauh lebih murah, dibanding satuan. Namun adakalanya bunda ingin membeli produk dengan motif dan jenis yang berbeda-beda, bukan? Untuk itu, mendatangi grosir perlengkapan bayi merupakan cara yang tepat.

Lakukan peminjaman

Usia kembang bayi memang tidak terlalu lama. Dengan begitu, barang-barangnya pun rata-rata hanya sebentar dipakainya. Untuk beberapa perlengkapan, bunda pun bisa melakukan peminjaman ke saudara atau orang lain. Tentunya untuk mereka yang tidak lagi memakainya ya. Bunda bisa meminjam perlengkapan seperti kereta bayi, bouncer, ranjang bayi, dan lainnya. Namun tidak disarankan meminjam perlengkapan yang berhubungan dengan kesehatan, seperti botol ASI.

Exit mobile version