Inilah 9 Tips Mempersiapkan Bahan Kue Nastar

kue kering nastar

Membuat kue kering sendiri memang gampang-gampang susah. Namun, semua itu bisa dipelajari dengan mengetahui bahan-bahan yang perlu dipersiapkan. Salah satunya jika ingin membuat kue nastar. Kue lebaran yang sangat nikmat ini membuat banyak orang ingin mencoba membuatnya di rumah. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah dijumpai di toko kue. Berikut tips mempersiapkan bahan kue nastar yang perlu dipersiapkan :

1. Pilih Tepung Terigu Protein Tinggi

Seperti kue kering pada umumnya, nastar memiliki bahan utama tepung terigu. Pemilihan tepung terigu ini ternyata tidak bisa sembarangan. Banyak sekali tepung terigu yang beredar di pasaran dan juga dengan beragam harga yang ditawarkan.

Lalu tepung terigu mana yang cocok untuk kue kering ? Pilihlah tepung terigu berprotein tinggi. Pemilihan tepung terigu yang tepat akan memberikan tingkat keberhasilan lebih tinggi saat membuat kue kering termasuk kue nastar ini. Kemudian jangan lupa untuk selalu mengayak tepung sebelum digunakan.

2. Mentega atau Margarin

Membuat kue nastar bisa menggunakan mentega atau margarine. Mentega dan margarine sebenarnya memiliki perbedaan, tetapi keduanya dapat digunakan untuk membuat kue nastar.

Agar hasilnya baik mentega atau margarine sebaiknya disesuaikan dengan takaran resep serta digunakan dengan benar. Gunakan kurang lebih setengah kilo mentega atau margarine untuk satu resep kue nastar.

3. Telur dan Kuning Telur

Siapkan beberapa butir telur sesuai dengan resep kue nastar. Biasnya untuk satu resep bisa menggunakan 4 butir telur dan 2 butir kuning telur sebagai olesan. Olesan ini untuk kue nastar ketika setengah matang agar warna bagian atasnya kuning mengkilat. Sedangkan untuk telur yang akan dicampurkan ke dalam adonan gunakan semua bagiannya baik kuning telur maupun putih telurnya.

4. Gula Halus

Bahan kue nastar berikutnya yakni gula halus yang bisa dibuat sendiri. Gunakan gula pasir yang ada di dapur sesuai dengan takaran resep kemudian gunakan blender kering untuk membuat gua halus. Mengapa harus gula halus? Hal ini karena, gula halus lebih mudah larut saat proses pembuatan adonan kue nastar. Selain itu, hasilnya juga lebih baik dibandingkan dengan menggunakan gula pasir biasa.

5. Pilih Susu Bubuk Berkualitas untuk Kue Nastar Anda

Bahan kue nastar yang tidak kalah penting adalah susu bubuk. Pemilihan susu bubuk untuk kue kering ternyata juga berpengaruh pada kualitas kue yang dihasilkan. Pilih jenis fullcream dengan kualitas prima yang akan menjadikan kue lebih lembut dan nikmat. Selain itu, susu jenis ini akan membuat kue semakin harum saat dioven.

Pemilihan jenis susu yang tepat sebaiknya tidak mengandung campuran bahan lain seperti pewarna makanan dan perasa. Susu bubuk tanpa kedua bahan tersebut akan membuat aroma susu lebih tahan lama ketika dipanaskan dalam oven.

6. Gula Pasir

Gula pasir ini sebenarnya bisa ada bisa tidak tergantung akan membuat nastar jenis apa. Jika akan membuat kue nastar nanas maka diperlukan gula pasir untuk campuran selai nanas. Cukup menggunakan 300 gram gula pasir untuk membuat satu resep kue nastar nanas. Nastar nanas dengan selai yang dibuat sendiri hasilnya bisa lebih baik dibandingkan menggunakan selai kemasan di pasaran.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat selai nanas sendiri adalah harus dibuat dengan takaran gula yang pas. Jika gulanya berlebihan maka akan membuat isian nastar menjadi keras saat digigit.

7. Pilih Vanilli Bubuk

Vanilli merupakan bahan yang akan memberikan aroma khas dalam kue nastar. Persiapkan satu bungkus vanilli untuk satu resep bahan kue nastar. Pilih jenis vanilli bubuk yang khusus untuk kue. Bahan ini sangat mudah dijumpai di toko kue terdekat. Campurkan vanili bersama dengan mencampurkan tepung terigu ke dalam adonan kue nastar.

8. Pilih Keju Berkualitas

Keju hanya diperlukan jika ingin membuat kue nastar keju. Pilih keju yang berkualitas tinggi agar rasanya lebih nikmat. Keju yang dipilih adalah jenis keju cheddar yang nantinnya akan dijadikan parutan keju.

 Parutan keju tersebut  dijadikan campuran adonan kue nastar dan juga menjadi topping di atas kue. Oleh karena itu, pemilihan jenis keju menjadi sangat penting karena juga berpengaruh pada tingkat keberhasilan pembuatan nastar keju.

9. Bisa Gunakan Selai Kemasan Pilihan

Jika ingin membuat nastar dengan isian selai, tetapi tidak bisa membuat selainya sendiri bisa juga membeli selai kemasan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih selai kemasan yang ada di toko-toko.

Pilih selai yang tidak terlalu encer sehingga mudah diaplikasikan pada kue nastar dan tidak mempengaruhi adonannya. Pastikan memilih selai kemasan yang kandungan gulanya tidak terlalu tinggi atau sebaiknya pilih selai kemasan yang home made.

Itulah 9 tips dalam memilih bahan kue nastar yang perlu diperhatikan. Membuat kue nastar memerlukan proses serta bahan yang cukup banyak. Maka dari itu, dalam membuatnya memang gampang-gampang susah.

Oleh karena itu, pemilihan bahan yang tepat akan membuat tingkat keberhasilan pembuatan kue nastar semakin tinggi. Tidak hanya persiapan bahan, tetapi juga harus diperhatikan proses pengolahan bahan tersebut agar dihasilkan kue yang nikmat.

Informasi lain tentang kue :

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu