Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Membeli Pakaian Bayi Organik

pakaian bayi organik

Setiap orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam urusan pakaian. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih bayi, alangkah baiknya membelikan pakaian bayi dari bahan organik.  Namun, tampaknya tidak semua orang tua mengetahui apa itu pakaian organik. Nah, berikut ini penjelasannya beserta alasan kenapa Anda harus membelinya.

Kata ‘organik’ selalu terkait dengan bahan alami, tidak tercemari pestisida maupun bahan kimia berbahaya lainnya. Begitu pula dengan pakaian bayi organik. Kainnya terbuat dari serat-serat alami yang diproduksi tanpa melibatkan penggunaan zat-zat kimia.

Ada macam-macam bahan kain organik. Serat bambu dan wol adalah salah satunya. Katun yang dibudidayakan tanpa pestisida juga termasuk organik.

Saat ini, sudah banyak produsen pakaian bayi organik. Beberapa produsen luar negeri antara lain Under The Nile, Kate Queen Organics, dan Kickee Pants. Salah satu produk dalam negeri adalah Imochi. Pemilik Imochi mengklaim bahan katunnya telah mendapatkan sertifikat Global Organic Textile Standard.

Ada pula Babysoy, merek asal California yang mengembangkan sayap di beberapa negara, termasuk Indonesia. Kain Babysoy terbuat dari serat protein kedelai (azlon) yang didapatkan dari sisa-sisa pembuatan tahu dan susu kedelai. Babysoy juga menggunakan pemutih berbahan dasar oksigen, bukan dari kaporit.

Setelah mengetahui produk-produk pakaian bayi organik, Anda perlu membeli salah satunya, atau mungkin Anda mengetahui merek-merek selain yang dsebutkan. Begini sebabnya:

  1. Melindungi Kulit Bayi

Kulit bayi itu sangat sensitif. Mereka memiliki pori-pori yang lebih tipis daripada kulit orang dewasa, sehingga gampang menyerap berbagai zat. Kulit bayi juga menghasilkan lebih sedikit melanin, pigmen yang membantu melindungi dari sengatan matahari. Faktor-faktor itu membuat kulit mereka rentan terhadap bakteri dan zat-zat berbahaya di lingkungan sekitar, termasuk pestisida.

Pestisida digunakan untuk memberantas hama pada tanaman, termasuk tanaman yang menjadi bahan dasar kain katun. Zat-zat itu masih akan teringgal di kain dan terserap ke kulit bayi Anda, sehingga menimbulkan alergi. Belum lagi jika si produsen menggunakan pewarna kain yang berbahaya. Sebaliknya, material organik tidak akan berdampak negatif pada kulit bayi, bahkan membuat kainnya terasa lembut dan nyaman.

  • Ikut Melestarikan Lingkungan

Penggunaan pestisida bisa mencemari lingkungan. Selain mengurangi keanekaragaman hayati yang ada di dalam tanah, juga menurunkan kualitas air. Setidaknya, ketika Anda memilih bahan-bahan organik, Anda turut mengurangi penggunaan bahan-bahan berpestisida, dan secara tidak langsung ikut melestarikan lingkungan.

  • Menghemat Keuangan

Memang benar, pakaian bayi organik lebih mahal daripada pakaian bayi pada umumnya. Tapi, jika dilihat dari segi keawetannya, material organik lebih hemat. Kualitas pakaian bayi biasa akan semakin berkurang setelah dicuci sebanyak 10-12 kali. Nah, material organik tetap terlihat bagus sampai seratus kali pencucian.

Sebagai orang tua, salah satu hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah memakaikannya pakaian bayi organik. Yuk, terapkan mulai sekarang!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu