Inilah Resep Kue Kacang Tanah Spesial Serta Tips Membuatnya

kue kacang tanah

Kue kacang tanah merupakan salah satu cemilan yang banyak diburu untuk menemani waktu bersantai. Cemilan kue kering terbilang cukup mudah untuk dibuat. Tak heran jika banyak orang mencari tahu resep kue kacang tanah spesial ini apa saja.

Bahan Kue Kacang Tanah

Untuk membuat kue kacang tanah, tentunya perlu menyiapkan beberapa bahannya terlebih dahulu. Seperti namanya, kue kacang tanah ini pastinya berbahan dasar kacang tanah. Namun, kacang yang digunakan adalah kacang tanah yang sudah terlepas dari kulitnya atau telah dikupas. Cukup dengan menyiapkan 200 g kacang tanah yang telah disangrai.

Kemudian, siapkan pula 50 g kacang mede yang telah disangrai dan 300 g tepung terigu. Tidak lupa untuk menyediakan margarin secukupnya. Lalu, siapkan 250 g gula halus, ½ sdt garam, 1,7 liter minyak goreng dan wijen secukupnya. Satu bahan lagi yang tidak boleh terlewat yakni satu butir kuning telur.

Bahannya cukup sederhana bukan? Setelah selesai menyiapkan seluruh bahan di atas, maka kini saatnya membuat kue kacang spesial.

Cara Membuat Kue Kacang Tanah Spesial

Resep kue kacang tanah spesial ini tidak terlepas dari bahan-bahan terpilih yang jelas terjamin kualitasnya. Proses pembuatannya juga akan sangat mempengaruhi tekstur dan rasa kue itu sendiri nantinya. Inilah cara mudah membuat kue kacang tanah spesial.

1. Kacang Tanah Dan Mede Dihaluskan

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menghaluskan segala jenis kacang-kacangan. Disini ada dua jenis kacang yaitu kacang tanah dan kacang mede. Haluskan kacang tanah dan kacang mede dengan menggunakan blender hingga menjadi bubuk. Tujuannya adalah, bahan kacang yang halus seperti bubuk ini akan membuat tekstur kue halus.

2. Campurkan Kacang Dan Bahan Lainnya

Setelah selesai melakukan langkah pertama dilanjutkan dengan mencampurkan kacang yang telah dihaluskan dengan bahan lainnya. Disini, cukup campurkan kacang halus dengan tepung terigu kemudian di aduk merata. Kemudian masukkan garam terlebih dahulu lalu diaduk merata dan masukkan gula halus. Pastikan garam dan gula tercampur merata.

3. Tambahkan Minyak Goreng

Setelah bahan yang ada tercampur merata, kini tinggal menambahkan minyak goreng. Masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit ke dalam adonan yang sedang diaduk. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan selagi memasukkan minyak goreng.

4. Bentuk Adonan Dengan Mengepalnya Menggunakan Tangan

Pada tahap ini, adonan yang telah siap untuk dibentuk menjadi lempengan-lempengan bulat. Namun sebelumnya pastikan bahwa adonan telah benar-benar memadat. Kepal adonan dengan menggunakan tangan dengan tebal 5 cm. Kemudian, gunakan cetakan kue dapat pula menggunakan cetakan yang berbentuk bulan sabit. Namun, sebenarnya bebas sesuai dengan keinginan bentuk yang diinginkan.

Apabila tidak memiliki cetakan, dapat pula dibentuk seperti bola kemudian dilempengkan. Pastikan bentuk yang satu dengan yang lain mempunyai ukuran bentuk yang sama. Setelah sudah membentuk seluruh adonan yang ada, letakkan adonan di atas loyang. Sebelumnya, loyang diolesi dengan margarin terlebih dahulu agar tidak lengket.

5. Oles Permukaan Kue Di Atas Loyang

Setelah menata seluruh adonan kue di atas loyang, siapkan kuning telur. Olehkan kuning telur ke setiap permukaan kue agar nanti ketika sudah matang, kue tampak mengkilap. Kemudian, tambahkan wijen ke atas permukaan kue yang telah diolesi. Cukup menaburi wijen sesuai selera saja. Kue tampak lebih cantik dan siap masuk oven.

6. Masukkan Oven

Sebelumnya, panasi oven terlebih dahulu dengan suhu kurang lebih 150 derajat celcius. Lalu, masukkan loyang ke dalam oven dan tunggu selama kurang lebih tiga puluh menit. Setelah matang, keluarkan loyang dan oven dan tiriskan. Tunggu agar kue dingin dan tidak terlalu panas sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Tips Membuat Kue Kacang Tanah Spesial

Resep kue kacang tanah spesial memang terbilang cukup mudah khususnya bagi para pemula. Namun, tetap saja ada beberapa hal perlu untuk diperhatikan agar kue kacang tanah ini enak. Berikut adalah tips membuat kue kacang tanah spesial :

1. Perhatikan Kacang Yang Digunakan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kacang sebagai bahan utamanya. Gunakanlah kacang tanah yang sudah dikupas bahkan hingga ke kulit arinya. Pastikan kacang itu bersih dan merupakan kacang pilihan. Selain itu, kacang untuk membuat kue ini adalah kacang yang telah matang. Artinya, kacang itu pun sudah siap untuk dimakan.

2. Olesi Permukaan Kacang

Untuk membuat tampilan kue lebih cantik maka olesi permukaan kue sebelum masuk oven. Gunakan kuning telur untuk mengolesinya. Lebih baik kue kacang tanah dioles terlebih dahulu sebelum diberi toping. Tujuannya juga agar toping dapat melekat kuat ke kue.

3. Panasi Oven Sebelum Digunakan

Sebelum memasukkan loyang ke dalam oven, pastikan oven dalam keadaan panas. Tujuannya adalah proses masak tidak memakan waktu lebih lama dan hasilnya maksimal matang merata.

Penjelasan di atas tentunya akan menghasilkan kue kacang tanah yang lezat dan siap menemani waktu bersantai. Resep kue kacang tanah spesial ini dapat dilakukan oleh siapapun karena bahannya yang mudah didapat.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu