Jangan Asal Beli Perlengkapan Mandi Bayi Sebelum Baca Tips Ini

Bayi yang baru lahir ke dunia ini memang memberi kesan yang lucu dan menggemaskan. Bagaimana tidak, kehadirannya sungguh sangat dinantikan oleh semua orang, tidak terkecuali oleh para orangtuanya sendiri. Untuk itu, wajar bila mereka sangat memperhatikan dengan telaten apa-apa saja yang menjadi kebutuhan sang buah hati tersebut.

Dari semua yang dibutuhkan oleh bayi, mandi tentunya tidak bisa dilewatkan, bukan? Mandi seorang bayi tentunya tidak bisa disamakan dengan orang dewasa, terlebih buat bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir harus dimandikan dengan sangat hati-hati karena mereka belum mempunyai ketahanan tubuh yang normal dan kuat.

Keamanan dan kenyamanan mandi bayi tentunya harus menjadi perhatian yang utama buat para orangtua. Semua itu meliputi cara memandikan, kondisi air, hingga dengan perlengkapan yang dipakai ketika si bayi basah-basahan.
Berbicara mengenai perlengkapan bayi yang biasa dipakai untuk mandi, itupun tidak bisa dimiliki dengan sembarangan. Sebaiknya jangan asal-asalan dalam membeli produk-produk tersebut. Nah agar merasa aman dan nyaman di saat bayi mandi, sebaiknya kita baca tips berikut ini.

Jangan kesampingkan harga dan merek suatu barang

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah “harga menentukan kualitas”, bukan? Hal itu memang benar adanya. Jika suatu produk memiliki harga yang amat mahal, hampir dipastikan produk tersebut akan memiliki kualitas yang sangat baik. Terlebih untuk bayi yang masih rentan segalanya.

Kebutuhan mandi bayi memang sangat harus diperhatikan dengan mendetail. Untuk urusan memilih produk untuk mandi, rasanya harus selektif. Banyak merek lokal ataupun luar yang disediakan oleh toko. Semua merek tersebut memiliki harga yang bervariasi tentunya. Sebaiknya belilah produk mandi yang memiliki harga lumayan tinggi, dengan merek yang sudah berpengalaman. Namun jika budget harus dibagi dengan pembelian produk lainnya, pilihlah merek yang terbilang bagus dan terpercaya.

Apakah bahannya dibuat dengan komposisi yang aman?

Setiap produk tentunya dibuat dengan bahan-bahan yang dinyatakan aman oleh pabrik. Namun tidak semua bahan tersebut aman, khususnya untuk bayi. Produk bayi umumnya memiliki bahan plastik, termasuk untuk mandinya. Di pasaran pun banyak merek yang menawarkan produk plastiknya dengan kualitas yang berbeda-beda.

Bahan plastik tersebut umumnya mempunyai dua jenis, yakni yang tidak didaur ulang dan yang didaur ulang. Nah untuk keamanan bayi ketika mandi, sebaiknya gunakan produk yang bukan hasil daur ulang. Untuk mengenalinya cukup mudah, yakni produk tersebut memiliki warna yang cerah. Lain halnya jika dihasilkan dengan cara daur ulang, plastik tersebut memiliki warna yang keruh.
Akan tetapi, jika masih tidak bisa mengenalinya, kembalilah melihat poin yang kesatu, yakni memiliki merek terbaik.

Hindari bau yang tajam

Kegiatan mandi pastinya harus dilakukan dengan sabun ataupun sampo agar badan menjadi wangi. Namun jika untuk bayi maka aroma tersebut harus selalu diperhatikan dengan baik. Jangan pernah gunakan produk yang memiliki aroma tajam dan menyengat. Kenapa? Karena itu akan sangat buruk bagi pernapasan bayi yang masih rentan.

Seperti kita semua tahu, pernapasan dan juga organ tubuh bayi masihlah rentan. Jadi kita tidak bisa memaksakan tubuh mereka menerimanya. Sebaiknya gunakan produk yang memiliki wangi lembut. Untuk itu, banyak merek terbaik yang aman untuk mandi bayi.
Nah dengan tiga tips tersebut semoga bisa membuat kita sebagai orangtua menjadi lebih telaten dalam mengurus bayi, khususnya bayi yang baru lahir di saat memandikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu