Jenis, Virus, Gejala Serta Obat Herbal Herpes

herpes

Herpes merupakan penyakit yang menginfeksi manusia berasal dari virus yang bernama herpes viridae. Akibat terjadinya infeksi pada virus herpes bisa menyebabkan kulit kering dan juga melepuh. Sebab itulah banyak yang mencari dan juga melakukan pengobatan dengan obat herbal herpes.

Meskipun jenis virus herpes yang terkenal adalah herpes simplex virus (HSV), nyatanya ada banyak jenis herpes. Bukan hanya infeksi pada wajah, daerah mulut, dan kelamin saja. Namun, ada lebih banyak gejala yang dapat dirasakan karena penyakit herpes ini.

Editorial pick :

Macam minuman makanan herbal untuk gula darah

Macam-macam obat herbal untuk rematik

Jenis, Virus, Dan Gejala Yang Diakibatkan Penyakit Herpes

Ada banyak jenis kelompok herpes yang sering menyebabkan infeksi pada kulit. Begitu pula dengan penyebaran virus dan juga gejala yang dirasakan pada masing-masing jenis herpes. Berikut ini adalah pembahasan tentang jenis, virus, dan juga gejala yang diakibatkan oleh penyakit herpes, diantaranya adalah :

1. Jenis Herpes Simplex Virus Tipe 1 (HSV 1)

Jenis virus yang terdapat dalam HSV 1 adalah virus yang dapat menyebar kedalam tubuh manusia dengan cepat. Biasanya virus ini menyebabkan Herpes oral (mulut) dan juga herpes kelamin (genital). Hal itu bisa terjadi penularan ketika melakukan hubungan seksual yang melalui kontak oral.

Selain itu juga, penularan bisa disebabkan lewat berciuman dari mulut ke mulut, atau mengganti peralatannya yang sama. Misalnya memakai peralatan makan, kosmetik, dan juga lipstik. Terdapat gejala yang dapat dirasakan ketika terkena penyakit herpes, diantaranya seperti

  • Badan menjadi lemas, otot terasa nyeri, dan juga mengalami demam
  • Muncul rasa gatal, kulit terbakar dan juga tertusuk pada kulit yang terkena infeksi
  • Menimbulkan lesi kulit yang mengering dan melepuh dan pecah dalam beberapa hari dengan rasa sakit, juga di sekitar mulut.

2. Jenis Harpes Simplex Virus Tipe 2 (HSV 2)

Hampir sama dengan jenis HSV 1, namun jenis ini lebih menimba penyakit yang terjadi pada herpes genital. Penularan yang menyebarkan virus ini bisa melalui pada saat hubungan seksual. Atau juga bisa terjadi dengan ditularkan oleh ibu kepada bayi yang dikandungnya pada saat persalinan.

Terdapat kesamaan dalam HSV 1 dan HSV 2, yakni terjadi infeksi laten sel saraf pada saat demam, stres, cedera dan juga menstruasi. Adapun faktor yang mempermudah terkena penyakit HSV 2 misalnya pada perempuan, hubungan seksual yang terus berganti. Selain itu juga memiliki kelemahan kekebalan tubuh, terlalu muda untuk melakukan hubungan seksual, dan lainnya.

Berikut ini terdapat gejala yang ditimbulkan penyakit HSV 2 diantaranya seperti

  • Mengalami sakit pada saat ingin buang air kecil, dan juga terasa gatal pada kulit
  • Munculnya koreng di pantat, kemaluan, anus atau paha. Juga terdapat benjolan di selangkangan.

3. Varicella-zoster Virus (VZV)

Virus ini juga bisa menyebabkan cacar air dan juga cacar ular. Virus ini juga menimbulkan bintik air pada kulit yang bisa menular. Selain itu, penularan terjadi melalui ludah, misalnya pada penderita bersin atau batuk.

Gejala yang dirasakan bermula dari kulit yang terasa gatal dan berair, diikuti demam dan menurunkan nafsu makan. Gejala tersebut bisa menjalar kepada kulit lainnya.

Obat Herbal Herpes

Dalam menyembuhkan penyakit herpes juga bisa menggantikan obat herbal herpes secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Hal itu lebih mudah dilakukan dan juga tidak menyebabkan efek lain pada tubuh. Berikut ini adalah obat herbal herpes yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya adalah :

1. Es Batu

Es batu dipercaya untuk mengobati luka herpes pada penderita, dengan cara mengkompres di bagian kulit yang terkena herpes. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan menghancurkan beberapa es batu, lalu dimasukkan ke dalam selembar kain. Tempelkan selembar kain tersebut pada luka yang terkena herpes selama 10 hingga 15 menit hal ini bisa mengurangi rasa sakit.

2. Spa Dan Air Hangat

Air hangat bisa memberikan efek ketenangan pada luka yang diakibatkan oleh penyakit herpes. Mandi menggunakan spa dan juga air hangat sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan herpest. Namun juga tetap gunakan sabun yang baik untuk menjaga kulit yang terkena infeksi.

3. Olive Oil

olive oil atau juga yang sering disebut minyak zaitun, bisa melembabkan kulit dan menyembuhkan luka herpes. Karena minyak bumi dan pendapat kandungan antioksidan yang sangat kaya. Gunakan minyak zaitun dengan cara memanaskannya dan mencampurkan dengan minyak lavender, setelah itu dan perlukan pada kulit yang terinfeksi.

4. Baking Soda

Baking soda juga merupakan bahan efektif untuk mengobati herpes dengan cara yang mudah. Hanya dengan merendam daerah kulit yang enak infeksi dengan baking soda melalui bola kapas. Hal ini bisa membuat luka menjadi kering dan juga menghilangkan bekas herpes.

5. Lidah buaya

Obat herbal herpes secara alami selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Karena kandungan yang terdapat dalam lidah buaya dapat menyembuhkan luka akibat herpes. Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit yang lecet akibat herpes.

6. Lemon

Lemon juga dipercaya dapat menyembuhkan luka pada kulit karena herpes. Karena terdapat kandungan flavonoid l, dan juga fenolik lemon yang mampu menyembuhkan lepuh pada herpes. Cara yang dilakukan adalah dengan merendam luka di lemon tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis virus dan juga gejala dari herpes, serta obat herbal herpes yang digunakan untuk penyembuhan. Lakukan perawatan pada penyakit herpes agar tidak terjadi gejala yang lebih parah. Lakukan konsultasi pada dokter agar kesehatan tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu