Kandungan Dan Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

jenis teh diet yang aman dikonsumsi

Kesehatan memang merupakan sesuatu hal yang sangatlah penting dan selalu dijaga. Banyak cara yang dilakukan untuk terus menjaga kesehatan, salah satunya yang populer adalah teh hijau. Manfaat teh hijau untuk kesehatan cukuplah banyak, hal itulah yang membuat teh hijau populer di segala kalangan masyarakat.

Kandungan Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan tentunya tidak lepas dari begitu banyak kandungan di dalamnya. Dimana teh hijau memiliki kandungan zat antioksidan, vitamin C, vitamin K, fluoride, katekin, polifenol, kafein, L-teanin. Juga terdapat kandungan mineral seperti kalsium, kalium, natrium, mangan, flour dan seng. Hal itulah yang membuat teh hijau memiliki begitu banyak manfaat dan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Beberapa Manfaat Teh Hijau

Teh hijau memang sudah dikenal lama memiliki begitu banyak manfaat yang mampu membuat tubuh sehat. Tentunya hal itu karena teh hijau memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan yang wajib diketahui:

1. Mampu Melawan Radikal Bebas

Teh hijau memang memiliki begitu banyak kandungan vitamin di dalamnnya, hal itulah salah satu penyebab teh hijau mampu melawan radikal bebas. Untuk itulah mengapa teh hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidannya sangatlah banyak.

2. Mampu Membuat Tubuh Segar

Saat keadaan tubuh sedang lelah akibat rutinitas harian yang padat, mengonsumsi teh hijau adalah pilihan yang tepat. Teh hijau akan mampu menghasilkan rasa rileks pada tubuh, itu semua karena teh hijau mampu membuat gula yang ada di tubuh menjadi bermanfaat. Dimana gula tersebut bukan ditimbun dan akhirnya mengakibatkan diabetes, teh hijau membuat gula dalam darah menjadi energi.

3. Mencegah Kanker Berkembang

Teh hijau memiliki kandungan polifenol yang mampu mencegah kanker berkembang. Bahkan sel kanker akan dapat berhenti berkembang jika secara rutin mengonsumsi teh hijau. Sel kanker yang dapat dicegah berkembang seperti kanker usus, payudara, dan juga prostat.

4. Mampu Menurunkan Kadar Kolestrol

Seperti yang diketahui bahwa kolestrol berlebih pada tubuh akan mampu menimbulkan banyak sekali penyakit dan tentunya tidak baik untuk kesehatan. Manfaat teh hijau untuk kesehatan ini salah satunya adalah kolestrol tubuh akan menurun.

5. Mampu Membantu Pembekuan Darah Dan Mencegah Kerusakan DNA

Manfaat teh hijau untuk kesehatan karena adanya kandungan vitamin K yang ada dalam teh hijau. Vitamin K akan mampu membuat proses pembekuan darah menjadi baik, sehingga saat terjadi luka, pembekuan darah akan membuat luka cepat kering. Selain itu kandungan folifenol pada teh hijau juga mampu mencegah kerusakan pada DNA. Teh hijau memang sangat baik untuk kesehatan darah.

6. Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Teh hijau juga memiliki kandungan L teanin yang mampu meningkatkan daya ingat, sehingga akan baik untuk orang mudah ataupun orang tua. Sistem kerja ingatan akan meningkat jika secara teratur mengonsumsi teh hijau, sehingga penyakit pikun akan terhindari.

7. Mampu Membantu Pembentukan Tulang Dan Sendi

Berikutnya manfaat teh hijau yang baik untuk kesehatan adalah mampu membantu pembentukan tulang dan juga sendi tubuh. Semua itu karena kandungan kalsium dan juga Vitamin K. Sehingga dengan mengonsumsi teh hijau akan mampu menghindari osteoporosis, rematik dan sendi akan menjadi sehat.

8. Mampu Membantu Kerja Saraf

Teh hijau juga memiliki kandungan kalium yang dimana mampu membantu kerja syaraf menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur kebutuhan kalium bagi tubuh akan secara otomatis terpenuhi. Sehingga kinerja tubuh akan jauh lebih baik karena saraf dalam keadaan sehat.

9. Mampu Mencegah Masuk Angin

Masuk angin merupakan sebuah penyakit yang tidak dapat dianggap remeh. Bahkan masuk angin dapat menyebabkan angin duduk yang berujung kematian. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau mampu mencegah radikal bebas dan juga membuat kekebalan tubuh meningkat.

10. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Partikel LDL dari proses oksidasi jika tidak dijaga akan mampu menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke dan juga jantung. Untuk itu dengan mengonumsi teh hijau dapat membuat antioksidan pada darah meningkat.

11. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Otak merupakan hal paling penting dalam tubuh, dimana otak perlu dijaga kesehatannya. Dengan mengonsumsi teh hijau akan membuat Adenosine yang tidak baik untuk otak menjadi terblokir. Sehingga fungsi otak akan meningkat.

12.  Mampu Meningkatkan Kesehatan Organ Liver

Seperti yang diketahui setiap hari pasti selalu ada makan dan juga udara yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membuat racun semakin banyak yang masuk ke dalam tubuh yang tentunya akan membuat organ liver terganggu. Dengan mengonsumsi teh hijau akan membuat kesehatan liver jauh lebih terjaga. Semua itu karena racun yang masuk dalam tubuh akan langsung dibantu keluar dari tubuh.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan yang wajib diketahui ini cukuplah banyak. Selain manfaat perlulah diketahui juga bahwa mengonsumsi teh hijau yang baik adalah sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari. Tentunya akan lebih baik jika mengikuti takaran yang telah dianjurkan dan tidak berlebihan mengonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu