Ketahui 6 Obat Herbal Amandel Yang Alami untuk Dicoba

Amandel atau tonsillitis merupakan peradangan yang terjadi di amandel, yang biasanya terjadi karena infeksi virus maupun bakteri. Organ tubuh ini berfungsi sebagai pelindung tubuh agar terhindar dari penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Cara mengatasi penyakit amandel yakni dengan melakukan tindakan operasi maupun mencoba obat herbal amandel.

Baca juga : Obat herbal hipertensi yang mudah ditemukan

Prosedur operasi dapat dipilih jika amandel sudah membandel dan tidak dapat diatasi dengan obat medis maupun konsumsi herbal. Namun, jika amandel masih dalam tahap awal, dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal untuk menyembuhkannya. Hal ini dinilai efektif karena sifatnya yang alami untuk dikonsumsi.
Letak amandel yang terdapat di antara rongga mulut dan tenggorokan tentunya sangat mengganggu jika kambuh. Hal tersebut akan menyebabkan ketidaknyamanan saat menelan, sampai menyebabkan demam. Penanganan amandel dapat dilakukan secara mandiri yakni dengan mengonsumsi obat herbal amandel. Pengobatan alami untuk mengatasi sakit amandel yakni sebagai berikut:

  1. Jahe Merah
    Selain sebagai bumbu masak, jahe merah juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit amandel. Kandungan dalam jahe merah yakni adanya anti-peradangan, anti-virus, serta anti-bakteri. Anti-peradangan yang ada dalam jahe merah dapat membuat tenggorokan menjadi lebih segar, hangat, dan mengurangi radang pada amandel.

    Cara mengonsumsi jahe merah yakni dengan menumbuk satu potong jahe merah. Bersihkan lalu cuci bersih dan rebus sampai air mendidih. Dinginkan terlebih dahulu kemudian saring sebelum dikonsumsi. Jika suka, boleh tambahkan madu sebagai perasa. Jahe merah juga dapat membantu meredakan demam akibat amandel.
  2. Bawang Putih
    Sejak ribuan tahun yang lalu, bawang putih sudah digunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit. Selain itu, kandungan anti-oksidan, anti-bakteri, dan anti-viral di dalamnya dapat melawan virus yang diakibatkan dari peradangan amandel.

    Bawang putih dapat menjadi alternatif obat herbal amandel. Caranya, rebuslah dua siung bawang putih dengan segelas air. Didihkan selama lima menit lalu kecilkan apinya kemudian saring. Minumlah ramuan air rebusan bawang putih selagi hangat. Madu juga dapat ditambahkan sebagai pemanis dan menjadikan minuman menjadi lebih enak.
  3. Kunyit
    Kandungan minyak atsiri, curcumin, turmeron, serta zingiberen dalam kunyit dapat berguna untuk anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Anti-peradangan yang terdapat dalam kunyit dapat meminimalisir nyeri saat amandel membengkak. Tanaman rimpang ini juga bersifat anti-septik alami untuk menghalau infeksi amandel dan melegakan tenggorokan saat menelan.

    Bubuk kunyit dapat digunakan sebagai ramuan ketika penyakit amandel sedang menyerang. Caranya yakni dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan satu gelas susu hangat. Tambahkan pula sedikit lada hitam untuk menghangatkan tenggorokan. Sebaiknya minumlah ramuan ini pada malam hari selama dua sampai tiga hari berturut-turut.
  4. Kayu Manis
    Baunya yang khas, membuat kayu manis digemari sebagai bumbu masakan dan campuran kue. Namun, kayu manis ternyata dapat digunakan untuk meredakan sakit pada amandel. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung senyawa anti-mikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan beragam mikroorganisme yang menempel pada amandel.

    Cara mengonsumsinya yakni siapkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas air panas. Campurkan juga dua sendok teh madu dan aduk sampai keduanya larut. Uap air yang keluar dari air panas dapat dihirup untuk melegakan tenggorokan. Saat ramuan tersebut menghangat, minumlah dalam dua sampai tiga kali selama seminggu.
  5. Air Perasan Lemon Dan Madu
    Manfaat air perasan lemon sudah tidak diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Sifatnya yang anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi mampu melawan infeksi dan peradangan yang terjadi pada amandel. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

    Untuk merasakan khasiatnya, peraslah lemon dan campurkan dengan sedikit garam serta satu sendok teh madu ke dalam gelas air hangat. Aduklah sampai merata dan minum selagi hangat untuk meredakan nyeri. Ramuan tersebut dapat diminum setiap hari yakni dua kali dalam sehari untuk memaksimalkan penyembuhan.
  6. Kulit Manggis
    Siapa sangka, kulit manggis yang biasanya terbuang sia-sia ternyata memiliki segudang manfaat. Salah satunya yakni sebagai obat herbal amandel yang ampuh dan alami. Kandungan anti-oksidan yang terkandung di dalam kulit manggis membuatnya dapat menyehatkan tubuh serta mengecilkan amandel yang bengkak.

    Cara mengolah kulit manggis menjadi ramuan obat pereda penyakit amandel yakni dengan merebus kulit manggis. Rasanya memang sedikit pahit apabila memasuki rongga mulut. Namun, ramuan tersebut dapat ditambahkan dengan minyak daun mint agar rasanya tetap segar. Jadikanlah ramuan yang telah dibuat menjadi obat kumur sehingga sakit amandel membaik.

    Baca juga : Obat herbal sakit maag yang paling ampuh

    Itulah beberapa obat herbal amandel yang alami dan dapat dicoba di rumah. Lakukanlah dengan rutin setiap hari sampai penyakit amandel mereda. Tidak lupa untuk terus menjaga kesehatan dengan beristirahat yang cukup serta menjaga asupan makan. Jika hal tersebut dilakukan tentunya sakit amandel tidak lagi sering menyerang. Selamat mencoba!


    Informasi lain tentang obat herbal :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu