Macam-macam Jenis Teh Pembakar Lemak Yang Bisa Diketahui

macam-macam teh untuk diet

Jaman sekarang orang berlomba-lomba mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Banyak cara yang dilakukan bahkan yang paling ekstrim sekalipun agar mendapat hasil yang cepat. Namun sebenarnya dengan minum teh proses pembakaran lemak tubuh bisa terbantu. Di bawah ini akan dijelaskan macam-macam jenis teh pembakar lemak sehingga dapat diperoleh tubuh yang ideal

1. Teh Hijau                                                       

Macam-macam jenis teh pembakar lemak yang pertama adalah teh hijau. Ada pendapat bahwa, sebelum latihan fisik seseorang disarankan untuk minum setidaknya satu cangkir teh hijau. Hal ini bertujuan agar proses pembakaran lemak berlangsung lebih cepat. Fakta ini sebelumnya juga pernah dibuktikan lewat sebuah studi.

Dalam studi tersebut dilakukan pengambilan sample beberapa orang relawan dan penelitian dilakukan  selama kurang lebih 12 minggu. Relawan tersebut diminta melakukan latihan rutin kira-kira 25 menit Sambil dikombinasikan minum teh hijau sekitar 4-5 cangkir. Relawan yang melakukan itu ternyata kehilangan sekitar 0,9 kg lemak lebih banyak ketimbang yang tidak minum.

2. Teh Oolong                                                                                                                       

Oolong dalam bahasa Cina bisa diartikan sebagai “naga hitam”. Teh Oolong juga termasuk salah satu macam-macam jenis teh pembakar lemak. Sebenarnya teh ini sangat ampuh untuk meningkatkan metabolisme. Namun kandungan katekin di dalamnya juga sangat berperan untuk meningkatkan kemampuan tubuh saat menghancurkan lemak.

Ada sebuah jurnal yang memperkuat fakta tersebut. Yaitu Journal of Intregrative Medicine yang sebelumnya telah dilakukan penelitian di Cina. Jurnal tersebut mengungkapkan jika relawan yang minum teh oolong bisa kehilangan sekitar 2,7 kg berat badan dalam tempo 6 minggu. Teh oolong juga disarankan bagi yang sedang gugup karena punya efek penenang.

3. Teh Mint

Banyak orang mengaku ketika menghirup aroma mint, mereka cenderung kehilangan sedikit nafsu makan. Minum teh mint memungkinkan seseorang benar-benar tidak ingin makan ketika memang sudah kenyang. Apalagi didukung dengan kandungan katekin di dalamnya yang sangat ampuh sebagai perangsang tubuh untuk menghancurkan lemak lebih cepat.

Ada sebuah jurnal yang mengungkap fakta tersebut yaitu Journal of Neurogical and Ortophedy Medicine. Pada jurnal tersebut terbukti jika orang yang menghirup aroma mint tiap 2 jam, dapat kehilangan 2,3 kg dalam tempo 1 bulan. Teh mint juga secara ampuh berguna sebagai penghilang rasa mual serta menekan stress.

4. Teh Putih

Macam-macam jenis teh pembakar lemak selanjutnya dan bisa dikatakan paling ampuh yaitu teh putih. Teh ini dianggap sangat baik untuk mencegah pembentukan sel-sel lemak baru. Dalam prosesnya, teh putih harus dikeringkan secara alami di bawah terik matahari. Sangat minim penggunaan mesin sehingga memiliki kandungan antioksidan paling besar.

Bahkan zat polifenol di dalamnya juga 3 kali lipat lebih banyak dibanding teh hijau. Jurnal Nutrition and Metabolism mengungkapkan jika teh putih sangat berperan dalam proses lipolisis. Lipolisis adalah proses pemecahan lemak dalam tubuh. Selain itu, teh putih juga mampu mencegah adipogenesis yaitu pembentukan sel lemak yang baru.

5. Teh Rooibos

Teh Rooibos meskipun masih terdengar asing namun ini juga termasuk macam-macam jenis teh pembakar lemak. Jenis teh ini diduga kuat berperan sebagai pengatur hormon penyimpan lemak dalam tubuh. Dalam prosesnya teh rooibos dibuat dari daun tanaman bush merah. Tanaman ini tumbuh subur di daerah Cederberg, Afrika selatan.

Sistem pencernaan juga akan berjalan maksimal dengan minum teh ini. Karena kandungan flavanoid di dalamnya yang cukup unik serta kuat (Aspalathin). Ada studi yang mengungkap jika minum teh ini bisa mengurangi hormon stress yang memicu rasa ingin makan dan penimbunan lemak. Seperti terkait dengan penyakit hipertensi, diabetes dan lain-lain.

6. Teh Pu-erh

Teh ini merupakan teh yang merupakan hasil olahan fermentasi dari dataran Cina. Jenis teh ini terbukti dapat mengecilkan ukuran lemak tubuh. Ada 2 jenis teh pu-erh yaitu yang mentah (sheng) dan matang (shou). Cina pun telah mengujinya dengan melakukan serangkaian penelitian yang dilakukan pada tikus.

Hasilnya tikus yang diberi asupan teh ini terbukti kadar trigliserida (lemak berbahaya dalam tubuh) dalam tubuhnya turun. Lemak perut juga terlihat mengalami penurunan. Teh ini dipercaya mampu mengubah lemak menjadi energi setelah makan.

7. Teh Yerba Mate

Macam-macam jenis teh pembakar lemak lainnya adalah teh Yerba Mate. Teh ini mungkin masih terlalu asing bagi beberapa orang. Teh Yerba Mate ini asalnya dari dedaunan pohon mate. Banyak tumbuh di daerah Amerika Selatan. Kandungan utama teh ini adalah theophylline, theobromine serta kafein.

Jurnal BMC Complementary and Alternatif Medicine mengungkapkan jika teh ini punya andil besar dalam menurunkan lemak penderita obesitas. Bahkan kurun waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan mereka juga relatif sangat cepat yaitu hanya 12 minggu saja.

Itulah macam-macam jenis teh pembakar lemak. Menurut beberapa studi memang membuktikan jika teh memang cukup ampun dalam membakar lemak tubuh. Sehingga disarankan bagi yang ingin diet. Namun minum teh saja sebenarnya masih kurang maksimal.

Ada baiknya dikombinasikan dengan rutin berolah raga serta membatasi asupan makanan yang masuk. Hindari makanan berpengawet serta yang berpotensi menaikkan kadar lemak dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu