Macam-Macam Kue Basah Tradisional dan Modern

kue basah

Kue basah merupakan makanan kecil yang terbuat dari sagu, terigu, ketan, gula, ataupun santan yang bisa dijadikan sebagai alternatif camilan. Dinamakan kue basah karena jenis kue ini memiliki kadar air tinggi akibat pengukusan ataupun perebusan sehingga memiliki tekstur yang kenyal, empuk, dan basah. Seiring perkembangannya, banyak ditemukan macam-macam kue basah di pasaran yang dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Kue Basah Tradisional

Pada saat ini, banyak sekali aneka kue basah yang dapat dijumpai dan dinikmati. Banyaknya inovasi di bidang pangan membuat kue ini tidak selalu identik dengan makanan tradisional. Dengan rasa dan tekstur yang khas menjadikannya memiliki keunikan tersendiri. Berikut macam-macam kue basah tradisional yang dapat dengan mudah dijumpai di pasaran :

1. Kue Talam

Kue basah yang satu ini merupakan sajian khas Betawi yang populer di Indonesia karena teksturnya yang lembut serta rasanya yang gurih. Umumnya kue talam terbuat dari campuran tepung, gula merah, garam, santan dan daun pandan sebagai flavor. Ada beberapa jenis kue talam yang dapat ditemui seperti kue talam bulan, kue talam pisang, kue talam lapis ketan, kue talam tape, kue talam kentang, dan kue talam durian.

2. Bika Ambon

Kue basah berwarna kuning berongga dengan cita rasa yang khas ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi penikmat kuliner Indonesia. Sajian khas Medan, Sumatera Utara ini membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan karena teksturnya yang kenyal dipadukan dengan rasa legit yang khas. Umumnya bika ambon terbuat dari campuran tepung, telur, nira, gula, santan, serta daun pandan atau vanili sebagai penambah flavor.

3. Klepon

Klepon merupakan salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung ketan dengan cara dikukus. Ketika kue ini digigit, gula yang ada di dalamnya akan muncrat keluar sehingga membuat siapa saja yang memakannya ketagihan. Ciri khas lain dari kue ini yaitu balutan parutan kelapa dengan tekstur kenyal yang membuat lidah bergoyang.

4. Lemper

Kue basah yang satu ini pastinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat karena mudah ditemui bahkan di luar pulau Jawa. Makanan khas Jawa ini terbuat dari beras ketan yang memiliki isian daging ataupun abon dan dibungkus dengan daun pisang. Rasa manis dan gurih dari makanan ini tentunya digemari oleh siapa saja yang memakannya.

5. Getuk

Getuk atau gethuk merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang terbuat dari singkong kukus yang ditumbuk bersama gula merah. Rasanya yang manis dan gurih serta tekstur yang lembut membuat makanan ini cocok untuk dijadikan camilan saat bersantai. Ada berbagai varian getuk yang dapat dijumpai di pasaran baik yang dikukus maupun digoreng.

6. Dadar Gulung

Kue basah berwarna hijau dengan rasa manis dan aroma khas pandan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi karena mudah dijumpai bahkan di luar pulau Jawa. Dadar gulung merupakan makanan khas Jawa yang terbuat dari tepung beras dan pandan yang berisi campuran kelapa parut dan gula merah yang digulung tipis. Dalam kategori kue modern, dadar gulung dapat diartikan sebagai roll pancake karena proses pembuatannya yang digulung.

7. Kue Putu Aren Bambu

Seperti namanya, putu aren bambu merupakan salah satu jenis makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan dicetak menggunakan batang bambu yang dipotong-potong. Ketika digigit akan ada gula aren yang meleleh di mulut dengan rasa manis dan gurih. Pada saat ini kue putu aren bambu sulit untuk ditemui di kota-kota besar.

Kue Basah Modern

Pada saat ini banyak inovasi di bidang pangan untuk menciptakan suatu makanan baru yang kemudian disebut sebagai makanan modern. Beda halnya dengan makanan tradisional yang menjadi ciri khas suatu daerah, makanan modern dapat dijumpai dimana saja. Berikut macam-macam kue basah modern yang dapat dijumpai bahkan dibuat sendiri di rumah :

1. Cake Tape

Kue basah modern yang satu ini tentunya tidak salah untuk dicoba. Dengan menggunakan tape sebagai bahan dasar untuk membuat kue menjadikan cake ini memiliki rasa asam manis yang khas. Tape sendiri merupakan panganan khas Jawa Barat yang dapat diolah menjadi aneka cake dan makanan lain selain dikonsumsi langsung.

2. Muffin Kismis

Kue khas Inggris dengan bentuk gulungan, bundar, dan tipis merupakan kue basah modern lainnya. Bahan dasar kue ini yaitu adonan roti yang diberi ragi dan biasa dikonsumsi bersama teh atau kopi hangat. Seiring perkembangannya, muffin dibuat dari tepung jagung dan diberi baking powder lalu dipanggang. Untuk menambah cita rasanya, muffin dapat diberi kismis.

3. Pancake

Pancake atau panekuk merupakan kue dadar yang digoreng di wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Ada beragam gaya penyajian resep pancake salah satunya yaitu dengan menggunakan topping. Untuk membuatnya lebih mengembang, adonan dapat ditambahkan baking powder.

Demikianlah informasi mengenai macam-macam kue basah tradisional dan modern. Cita rasa yang berbeda antara setiap kue basah tentunya menjadi kekhasan tersendiri bagi penikmat kue. Karena kebanyakan terbuat dari tepung ataupun ketan yang mengandung karbohidrat, kue basah dapat dijadikan sebagai pengganjal perut selain untuk camilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu