Macam Macam Kue Kering Kelapa

kue macaroon kelapa

Banyaknya ketersediaan kelapa di Indonesia membuat berbagai pihak memanfaatkannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti dibuat minyak, santan atau bahan pembuatan kue. Kue kering kelapa yang sudah mulai beredar di pasaran dibuat sedemikian rupa sehingga menarik perhatian konsumen.

Baca Juga : 10 Tips Membuat Kue Kering Anti Gagal

Apalagi sekarang sudah banyak produk makanan dan minuman yang menggunakan kelapa sebagai varian barunya.  Oleh karena itu, banyak pembuat kue yang terus berinovasi membuat berbagai jenis kue kering dengan berbahan kelapa, berikut ini di antaranya :

Macaroons Kelapa

Macaroons biasanya dibuat dengan adonan tepung dengan berbagai macam rasa yang manis seperti cokelat, blueberry, strawberry dan yang lainnya. Namun kali ini macaroons dibuat dengan rasa yang gurih dan crispy dengan menggunakan bahan dasar kelapa.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat macaroons kelapa ini adalah kelapa parut, putih telur, gula pasir, ekstrak vanila atau almond, dan garam. Untuk membuatnya adalah dengan meletakkan kelapa yang sudah di parut dia atas loyang. Kemudian panggang kelapa tersebut di dalam oven dalam suhu 177 derajat selama 5 menit.

Campurkan gula, vanila, dan garam dengan putih telor dan kocok hingga merata atau berbusa. Kemudian masukkan parutan kelapa yang sudah didinginkan dan aduk hingga rata. Siapkan loyang yang sudah dilapisi kertas kemudian bentuklah adonan tadi menjadi bola-bola kecil dan taruh di atas loyang.

Panggang adonan tersebut di dalam oven selama 15 hingga 20 menit sampai berwarna cokelat keemasan. Pastikan macaroons tersebut benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples untuk disajikan.

Lemon Coconut Cookies

Kukis adalah salah satu kue kering yang paling mudah untuk dibuat. Kue kering kelapa ini memiliki rasa gurih dan sedikit asam dengan isian krim keju yang lembut dan lumer di mulut. Bahan-bahan untuk membuat kukis ini diantaranya tepung terigu, baking soda, garam, butter yang tidak asin.
Selain itu gula, gula merah, ekstrak vanila, perasan lemon, telur, dan manisan kulit lemon yang telah di potong. Ada juga untuk bahan isian seperti krim keju, telur, krim keju, perasan lemon, dan kelapa yang sudah di parut.

kue kelapa lemon

Yang pertama yang harus dilakukan adalah mencampur garan, baking soda dan tepung terigu dalam sebuah wadah secara merata. Kemudian campur dengan gula, mentega, vanila, air lemon dan telur, aduk dengan mixer. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan campurkan potongan kulit lemon. Adonan kemudian didinginkan di dalam kulkas.

Untuk membuat isiannya pun hampir sama yaitu dengan mencampurkan krim keju, kelapa, air lemon dan kelapa parut. Kemudian dinginkan kembali di dalam kulkas sama seperti adonan tadi. Setelah itu tuangkan adonan ke dalam loyang kemudian tambahkan isiannya dan gulung. Dinginkan kembali adonan tersebut di dalam kulkas agar dapat menyatu dengan baik.

Setelah itu ambil adonan yang sudah didinginkan kemudian potong hingga menjadi kecil. Kemudian panggang selama 14 hingga 17 menit pada suhu 190 derajat celcius. Setelah matang, kue pun siap untuk disajikan.

Kue Akar Kelapa

Kue kering kelapa yang satu ini memang sering ditemukan di hari raya atau lebaran. Jenis kue ini sangat mudah untuk dibuat karena hanya memerlukan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Seperti tepung ketan putih, tepung beras, gula pasir, mentega, santan, wijen, telur, garam dan vanili bubuk.
Untuk membuatnya cukup mudah yaitu mencampurkan seluruh bahan menjadi satu kemudian diuleni. Siapkan cetakan akar kelapa yang biasanya terbuat dari kayu atau besi. Kemudian panaskan minyak dalam api kecil dan masukkan adonan ke dalam cetakan. Masukan adonan dari cetakan ke dalam minyak yang sudah panas kemudian goreng hingga berwarna kecokelatan.

Coconut Bars

Kue yang berbentuk bars memang sudah umum ditemukan di pasaran. Namun bagaimana jika kue tersebut dibuat dengan berbahan dasar kelapa. Rasanya yang dimilikinya pasti manis, gurih dan renyah yang akan cocok disajikan saat lebaran.

Bahan untuk membuat kue ini adalah mentega, gula merah, telur, vanila, garam, soda kue, tepung terigu dan kelapa parut. Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat kue ini adalah memanaskan oven pada suhu 177 derajat celcius. Sementara itu lelehkan mentega hingga berubah warna lalu matikan api. Kemudian tambahkan gula merah dan aduk hingga rata.

kue coconut bar

Tambahkan soda kue, telur, vanila dan juga garam dan aduk hingga merata. Masukkan tepung terigu dan kelapa yang sudah di parut, aduk kembali dingga menyatu. Tuangkan adonan tersebut ke dalam loyang dan panggang di dalam oven selama 20 menit.

Coconut Clouds

Kue kering kelapa yang satu ini dibuat dengan frosting mentega yang akan membuat rasanya semakin enak dan lezat. Kue ini membutuhkan bahan-bahan seperti mentega, shortening, gula pasir, gula merah dan telur. Selain itu juga ekstrak kelapa, ekstrak vanila, sour cream, tepung terigu, garam, soda kue dan kelapa parut.

Sementara itu bahan untuk membuat frostingnya adalah mentega, gula pasir, susu, ekstrak kelapa, ekstrak vanila, dan kelapa parut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyampurkan bahan mentega, shortening, gula pasir dan gula merah hingga lembut. Setelah itu tambahkan telur, ekstrak vanila dan kelapa, dan sour cream lalu aduk lagi hingga rata.

Campurkan soda kue, garam, dan tepung terigu kemudian masukkan ke dalam adonan tadi sedikit demi sedikit. Tambahkan kelapa parut yang telah dipanggang dan aduk hingga merata. Letakan ke dalam loyang adonan yang sudah dibentuk bulat tadi.

Buatlah frosting dengan bahan-bahan yang sudah disediakan. Kemudian oleskan frosting yang sudah jadi di atas kue dan taburi dengan kelapa. Panggang hingga matang dan kue kering kelapa yang satu ini siap untuk disajikan.

 

Baca Juga Informasi Lain Tentang Kue Kering

 

Cara Membuat Buttercream Serta Kreasi Membuat Warna Pada Buttercream

 

Model Kue Kering Terbaru Yang Patut Untuk Dicoba

 

 

Leave a Comment