Macam-Macam Obat Herbal Ambeien Yang Bisa dicoba di Rumah

mengobati ambeien dengan alami

Ambeien atau dikenal dengan nama lain wasir adalah adanya pembengkakan pembuluh darah yang terdapat di daerah anus. Mengobati ambeien dapat ditempuh dengan melakukan tindakan operasi. Namun, cara ini tidak menjamin ambeien datang kembali. Oleh karena itu, obat herbal ambeien patut dicoba untuk menyembuhkannya secara alami.

Seseorang yang menderita ambeien memiliki gejala seperti terasa panas pada anus, adanya benjolan di anus, serta kesulitan buang air besar. Rasa sakit ketika buang air besar serta keluarnya lendir bahkan darah ketika buang air besar. Hal itu tentunya mengganggu dan menyakitkan. Hendaknya diobati sedini mungkin agar penyakitnya tidak menjadi parah.

Baca juga : Gejala Penyakit Liver dan Cara Penyembuhannya

Ambeien tidak hanya diderita oleh laki-laki, perempuan pun memiliki peluang yang sama memiliki penyakit ambeien. Tindakan operasi yang dipercaya dapat menyembuhkan ambeien ternyata tidak menjamin ambeien sembuh 100%. Terlebih lagi proses operasi terdengar menakutkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, obat herbal ambeien patut dicoba untuk menyembuhkan ambeien.

1. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk kecantikan, melainkan dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi ambeien. Kandungan antioksidan dan sifat yang dapat mendetoksifikasi tubuh yang terdapat pada lidah buaya berguna untuk menyembuhkan ambeien. Zat anti inflamasi yang terkandung juga dapat meredakan berbagai macam jenis iritasi pada tubuh.

Obat herbal ambeien yang disarankan yakni menggunakan lidah buaya yang asli, bukan ekstrak lidah buaya. Caranya yakni dengan mengambil beberapa potong lidah buaya. Cuci bersih lidah buaya dan blender dagingnya yang sudah dipotong-potong. Minumlah jus lidah buaya yang telah dibuat secara rutin setiap hari.

2. Teh Hitam

Kandungan teh hitam, yakni adanya senyawa asam tannic yang berfungsi sebagai astringent alami. Oleh karena itu, diyakini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meminimalisir rasa sakit yang membuat tidak nyaman dalam beraktivitas. Cara mengolah teh hitam untuk menyembuhkan ambeien adalah dengan menggunakan kantong teh hitam yang basah.

Teh hitam tersebut haruslah basah ketika digunakan. Lebih baik apabila kantong teh tersebut direndam menggunakan air hangat terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengompres anus. Dinginkan teh hitam yang sudah direndam dan siap untuk digunakan untuk mengompres selama 10 menit. Lakukanlah pengobatan tersebut selama dua sampai tiga kali dalam sehari.

3. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk bumbu masak, tetapi dapat digunakan sebagai solusi ambeien. Senyawa alisin pada bawang putih berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Hubungannya dengan ambeien yakni dapat memperkuat pembuluh darah serta menghancurkan bakteri yang terdapat pada sekitar anus. Bawang putih juga dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh ambeien.

Terdapat dua cara memanfaatkannya yakni dengan memasukkan bawang putih ke dalam anus. Namun, masukkan hanya di permukaannya saja tidak perlu dalam-dalam dan diamkan semalam. Kedua, ambil tiga sampai empat bawang putih, lalu parut atau cincang. Rebuslah dengan segelas air lalu saring ketika dingin. Minumlah secara rutin agar sembuh dari ambeien.

4. Urang-Aring

Tanaman urang-aring dapat menjadi obat herbal ambeien, tidak hanya sebagai tanaman untuk memperindah rambut. Kandungan yang dimiliki seperti ecliptine, wedelolactone, dan senyawa lainnya memberikan khasiat untuk mengurangi gejala ambeien.

Cara menyembuhkan ambeien dengan urang-aring yakni dengan mengambil urang-aring secukupnya lalu cuci dan rebus. Minumlah ketika sudah dingin secara rutin setiap hari. Selanjutnya, dapat juga dengan menumbuk urang-aring hingga halus kemudian oleskan pada benjolan. Lakukanlah secara rutin setiap hari untuk mengecilkan benjolan ambeien pada anus.

5. Akar Kangkung

Ketika mengonsumsi kangkung, akar kangkung biasanya dibuang karena dianggap sudah tidak bermanfaat. Ternyata, akar kangkung sangat berguna untuk mengatasi penyakit ambeien. Kandungan dalam kangkung seperti vitamin A dan C, kalsium, fosfor, zat besi, serta protein berguna untuk menyembuhkan ambeien.

Baca juga : Obat Herbal Sakit Kolesterol yang Aman Untuk Tubuh

Cara mengaplikasikannya yakni dengan mengambil batang dan akar kangkung lalu mencucinya hingga bersih. Rebuslah dengan dua gelas air hingga bersisa satu gelas. Saringlah sebelum diminum jika air rebusan sudah dingin. Minum air rebusan batang dan akar kangkung tersebut setiap hari untuk hasil yang maksimal.

6. Cocor Bebek

Obat herbal ambeien berikutnya yaitu cocor bebek. Tidak hanya sebagai tanaman hias, cocor bebek ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan ambeien yang ampuh. Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti glikosida, magnesium malat, asam formiat, oksalat, tannin, dan kandungan lainnya membuat tanaman ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan sebagai anti peradangan.

Jika ingin menggunakan cocor bebek untuk obat ambeien, ambillah beberapa petik daun cocor bebek. Cucilah hingga bersih dan jemur daun tersebut di bawah matahari. Pastikan daun yang sudah dijemur benar-benar kering. Tumbuk atau ulek daun cocor bebek kering hingga halus dan seduh. Kemudian minumlah air seduhan tersebut.

Itulah beberapa obat herbal ambeien yang dapat dicoba di rumah. Tentunya bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan dan sederhana cara pembuatannya. Lakukanlah secara rutin untuk hasil yang optimal dalam mengatasi ambeien. Tidak lupa jaga kesehatan dengan banyak minum air putih sebagai pencegahan dan melancarkan pencernaan terutama saat buang air besar.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu