Macam-Macam Teh Di Seluruh Dunia Yang Termahal, Terlangka, Dan Terpopuler

macam-macam teh untuk diet

Jika biasanya bertamu kebiasaan pasti minuman yang sering disuguhkan adalah teh. Apalagi di Indonesia sendiri pasti sudah tidak asing dengan minuman yang berbahan dasar daun teh ini. Ada banyak sekali macam-macam teh di seluruh dunia. Dan setiap jenis teh pasti memiliki ciri khasnya sendiri. Dan setiap negara pasti mempunyai teh yang berbeda-beda. Inilah macam-macam teh di dunia yang jarang diketahui dan termahal.

Mate Tea

Macam-macam teh di seluruh dunia yang pertama adalah mate tea. Masyarakat amerika latin juga menyebut mate tea ini dengan sebutan tea yerba. Yang terbuat dari bahan daun Ilex Paraguensis.

Teh ini memang sedikit berbeda dengan tea pada umumnya, karena memiliki rasa yang sangat kuat seperti kopi. Tetapi untuk khasiatnya tetap sama seperti pada umumnya. Mate adalah semak liar yang tumbuh di Argentina. Biasanya mate tea ini disuguhkan atau dikonsumsi dengan saringan khusus.

White Tea

Jika biasanya tea pada umumnya berwarna coklat muda dan coklat tua, maka sesuai dengan namanya tea ini memiliki warna yang putih atau berwarna kuning pucat. Pengambilan dan pemilihan daun pun berbeda dari yang biasanya. Pada white tea ini yang digunakan adalah tunasnya saja, dan juga yang masih muda, tunas yang dipetik pun harus yang belum menggulung.

Jenis teh ini masuk dalam datar salah satu teh termahal dan terlangka yang ada di dunia. Karena ada zat antioksidan yang tinggi sehingga harga untuk bisa menikmati teh ini cukup mahal.

Teh Hijau

Teh ini menjadi salah satu jenis teh yang sangat populer di dunia. Dan bagi pecinta teh maka wajib untuk mencoba teh ini. Teh hijau ini juga memiliki aroma yang sangat kuat yang berasal dari proses pemanggangan daun teh. Jika biasanya untuk membuat teh dilakukannya proses fermentasi, maka pada pengolahan teh hijau ini diperoleh tanpa difermentasi terlebih dahulu.

Teh Hitam

Jika sebelumnya teh hijau tanpa ada proses fermentasi, maka teh hitam ini kebalikannya. Karena teh hitam ini adalah teh yang paling lama mengalami proses fermentasi. Fermentasi keseluruhan ini juga disebut dengan pengolahan teh hitam.

Teh hitam ini juga memiliki sebutan lain yaitu teh merah. Untuk menikmati teh hitam ini juga bisa dengan mencampurkan susu dan gula ke dalamnya.

Rooibos Tea

Teh ini juga biasanya disebut juga dengan red tea, karena memang memiliki warna yang sedikit kemerahan. Rooibos tea ini berbahan dasar dari semak merah yang ada di Afrika Selatan. Rasanya pun tidak kalah dengan teh yang lainnya, karena memiliki banyak sekali rasa.

Blooming Tea

Blooming tea disebut juga dengan ku ding cha. Teh ini diproduksi dengan handmade atau buatan rumah. Teh ini menggunakan komposisi dengan kualitas terbaik seperti teh dan bunga yang bagus.

Ada juga nama lain dari teh ini yaitu art tea. Mengapa disebut demikian, dikarenakan pada teh ini bisa menikmati keindahan karya seni dan juga proses penyeduhanya. Setelah beberapa menit di seduh maka bunga yang ada di dalam teh ini akan mekar dengan sendirinya.

Teh Oolong

Macam-macam teh di seluruh dunia selanjutnya adalah Oolong tea yang juga disebut dengan black dragon tea. Mengapa namanya teh oolong, dikarenakan teh ini berasal dari bahasa tionghoa yaitu wulong. Proses pengolahan teh ini juga sedikit rumit dan sulit.

Dalam proses pengolahannya pun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu, musim, dan suhu. Tidak hanya proses pengolahannya, untuk memetiknya pun perlu diperhatikan. Karena seiring berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak yang membuat varian baru teh oolong yang lebih praktis dikonsumsi.

Da Hong Pao

Sekarang untuk menikmati teh jenis Da Hong Pao ini sangat sulit. Maka dari itu teh ini termasuk dalam jenis teh yang langkah di dunia. Banyak peneliti yang menjelaskan, teh ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung antioksidan.

Yang berguna untuk mencegah penyakit berbahaya masuk ke dalam tubuh. Teh jenis ini dahulunya disuguhkan untuk raja saja. Dan juga menjadi salah satu teh yang termahal pada jamannya.

Teh Tisanes

Teh ini ada campuran rempah-rempahnya, maka dari itu teh ini juga disebut dengan teh herbal. Untuk menghidangkan teh ini bisa dengan cara mencampur minuman teh dengan sari buah. Teh herbal ini adalah minuman yang dicampur dengan sari buah yang ada airnya.

Dan jika teh pada umumnya mengandung kafein, maka teh ini tidak mengandung kafein sama sekali. Teh tisanes yang sangat populer adalah yang terbuat dari bahan bunga kembang sepatu dan chamoline.

Ada banyak sekali macam-macam teh di seluruh dunia. Pasti setiap daerah memiliki ciri khas teh dan aroma masing-masing. Bagi penggemar teh wajib mencoba beberapa teh yang ada di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu