Manfaat Teh Dilihat dari Jenis-Jenisnya

macam-macam teh untuk diet

Ada beberapa jenis teh yang ternyata punya manfaat baik dalam membantu penurunan berat badan atau untuk diet. Tiap jenis ini masing-masing punya bahan aktif yang sangat ampuh untuk membakar lemak sehingga membuat tubuh lebih langsing. Apa saja manfaat teh diet berdasarkan jenisnya, simak uraiannya berikut ini

1. Teh Putih : Sebagai Pemecah Lemak

Manfaat teh diet pertama yaitu dari jenis teh putih. Struktur dari jenis teh ini memanglah cenderung ringan. Namun untuk diet, teh ini ternyata cukup ampuh terutama sebagai pemecah lemak. Hal ini pun telah dibahas dalam sebuah penelitian yang kemudian juga diterbitkan dalam sebuah jurnal tahun 2019.

Selain untuk memecah lemak, menurut jurnal tersebut teh putih juga dapat mencegah penumpukan jaringan lemak. Para peneliti menemukan jika kandungan epigallocatechin gallate pada teh ini juga banyak mengandung antioksidan tinggi. Jadi selain ampuh untuk diet, juga membantu menurunkan kolesterol.

2. Teh Hijau : Membantu Untuk Memicu Penurunan Barat Badan

Teh hijau dikenal punya kandungan zat epigallocatechin gallate (ECGC). Jenis teh ini mampu memberikan manfaat teh diet karena terbukti melalui banyak penelitian. Setidaknya ada sekitar 11 penelitian yang membahas hal ini dan dimuat dalam Internasional Journal of Obesity.

Oleh karena kandungan kafein pada teh ini cenderung lebih sedikit, maka sangat disarankan bagi yang lagi diet untuk meminumnya kapan saja. Biasanya orang sedikit enggan untuk meminum teh karena kandungan kafein yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi kualitas tidur. Namun ini tidak akan terjadi saat meminum teh hijau.

3. Teh Oolong : Memperlancar Metabolisme Lemak                                                              

Jenis teh oolong sedikit berbeda sifatnya dibanding yang lain. Teh ini ternyata saat diseduh hanya akan teroksidasi sebagian. Beda dengan teh hitam atau teh lain yang teroksidasi penuh. Hal ini menyebabkan teh ini cenderung lembut namun masih terasa kental saat proses penyeduhan.

Teh oolong ini memberikan manfaat teh diet yaitu untuk memperlancar metabolisme lemak. Hal ini pernah diungkapkan pada sebuah penelitian di China pada tahun 2009. Hasil penelitian ini menyebutkan jika orang obesitas yang minum teh oolong selama 6 minggu, kemungkinan 2/3 lebih besar mengalami turun berat badan. Turunnya pun bekisar hampir 1 kilogram.

4. Teh Hitam : Mencegah Penyerapan Lemak

Manfaat teh diet juga bisa didapat melalui teh hitam. Ada penelitian yang mencoba melakukan pengujian dengan hewan, ternyata teh hitam ini dapat mencegah kenaikan berat badan. Terutama pada saat makan sajian berlemak.

Ini disebabkan karena teh hitam memiliki sifat untuk menghambat penyerapan lemak pada proses pencernaan. Polifenol dan thearubigans pada teh hitam juga dikenal bermanfaat untuk mencegah timbulnya lemak pada tubuh.

5. Teh Peppermint : Penghalau Rasa Lapar

Bagi yang ingin melakukan diet, mungkin teh pepermint bisa menjadi pilihan. Menurut sebuah penelitian dari Wheeling Jesuit University membuktikan hal tersebut. Penelitian ini mengungkapkan jika seseorang yang menghirup aroma mint setidaknya 2 jam selama 5 hari terbukti lebih sedikit mengkonsumsi kalori serta gula.

Secara alami, teh ini akan otomatis menghentikan rasa lapar serta rasa ingin makan sesuatu. Sehingga diet pun bisa berjalan lancar.

6. Teh Matcha : Mendorong Metabolisme Tubuh                                 

Dibandingkan teh hijau, teh matcha lebih banyak mengandung ECGC. Hal tersebut kemungkinan karena teh ini terbuat dari serbuk daun teh hijau. Studi dari Univercity of Colorado menyebutkan, orang yang minum teh matca ini terbukti jika dorongan metabolismenya 137 kali lebih besar.

Diet dengan teh ini juga sangat disarankan. Bila kurang suka dengan rasa pahit teh ini, bisa ditambah susu atau madu saat menyeduhnya. Namun jangan sekali-kali untuk mencampurnya dengan gula karena malah akan menambah asupan kalori pada tubuh.

7. Teh Jahe : Mengurangi Rasa Lapar Hingga Sering Merasa Kenyang

Diet dengan minum teh jahe?, kenapa tidak. Mungkin ingin menikmati teh dengan sensasi lain yaitu pedas namun segar teh ini bisa menjadi pilihan. Jahe dikenal aktif untuk mengatasi masalah peradangan serta membantu masalah tekanan darah tinggi.

Cobalah minum teh jahe saat sarapan. Oleh karena menurut sebuah studi pada jurnal Metabolism menyebutkan sarapan dengan teh ini akan membuat tingkat kelaparan waktu berikutnya menjadi lebih rendah. Ini berarti teh ini sangat ampuh untuk meningkatkan rasa kenyang sehingga sangat baik untuk diet.

8. Teh Adas : Penghambat Peningkatan Berat Badan

Untuk mendukung diet, bisa juga dengan minum teh adas. Fungsi teh ini sendiri sebenarnya banyak. Diantaranya meningkatkan kadar melatonin tubuh sehingga membantu yang kesulitan tidur malam hari. Ada juga yang paling penting adalah perannya yang sangat ampuh untuk menghambat kenaikan berat badan.

Rasa teh adas memang tak semua orang suka dan saat penyeduhannya diperlukan campuran. Bagi yang kurang suka dengan licorice, teh adas bisa dicampur dengan peppermint agar rasanya sedikit lebih enak. Serta jangan lupa khasiatnya yang baik untuk diet.

Itulah beberapa manfaat teh diet berdasarkan macam-macam jenis teh yang bisa diketahui. Teh tidak hanya bisa digunakan untuk teman bersantai saja ternyata. Namun bisa juga digunakan sebagai minuman ampuh untuk menurunkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu