Mari Mengenal Resep Kue Kering

kue kering

Kue kering adalah salah satu makanan yang cukup digemari namun sulit untuk dibuat. Meski kue kering sudah banyak dijual di pasaran dengan rasa yang enak namun terkadang orang ingin membuat kue sendiri.  Agar tidak terjadi kesalahan dalam membuat kue, maka penting untuk mengenal bahan kue kering.

Bahan untuk membuat kue kering sangat banyak, sehingga penting untuk memahami tepung apa yang cocok dengan jenis kue tertentu. Salah penggunaan tepung bisa menyebabkan kue yang dibuat menjadi gagal. Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan untuk membuat kue kering.

Tepung Maizena Untuk Kue Kering

Tepung maizena bukanlah bahan utama dalam pembuatan kue kering melainkan sebagai bahan tambahan yang akan membuat kue menjadi renyah. Oleh sebab itu, tepung ini menjadi penyelamat kue untuk mendapatkan adonan dengan tekstur yang sempurna. Namun, dalam penggunaannya tepung maizena tidak boleh melebihi adonan tepung terigunya sebesar 10%-20%.

Info : Beli Produk Kue Kering Jual.id

Alasan tepung maizena tidak boleh digunakan terlalu banyak pada adonan kue kering karena akan membuat kue kering mudah berjamur dan tidak tahan lama.

Baking Soda untuk Bahan Kue Kering

Baking soda atau sering dikenal sebagai soda kue adalah bahan kue kering yang berfungsi mengembangkan adonan. Kue yang diberi baking soda akan mengembang saat di panggang dan menimbulkan pori-pori pada tekstur kue yang membuatnya terasa renyah.

Bubuk baking soda berwarna putih dan biasanya hanya digunakan sedikit untuk dapat mengembangkan adonan kue. Baking soda memiliki nama lain sodium bikarbonat yang mengandung karbondioksida.

Keju

Keju adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam bahan membuat kue kering. Baik sebagai bahan utama maupun sebagai hiasan atau topping. Jenis keju yang sering digunakan adalah keju edam dan keju cheddar.

Keju edam merupakan keju yang berbentuk bulat dan harganya cukup mahal. Sehingga keju jenis ini akan sulit ditemukan di toko-toko, bahkan harus memesan jauh-jauh hari agar bisa mendapatkannya. Sedangkan keju cheddar adalah keju yang lebih murah dibanding keju edam. Namun keju ini akan lebih kering setelah dipanggang

Kacang

Ada beberapa resep kue kering yang menggunakan kacang sebagai bahan utamanya. Biasanya sebelum menggunakan kacang sebagai bahan, harus di haluskan baik dengan cara ditumbuk atau di blender. Agar kulit kacangnya mudah mengelupas, kacang di jemur kemudian di sangrai terlebih dahulu.

Di pasar sudah banyak yang menjual kacang yang sudah bersih dari kulitnya tetapi harganya akan lebih mahal daripada kacang biasa. Sedangkan untuk hiasan biasanya menggunakan kacang jenis lain yakni kacang almond atau kacang mete. Agar kacang ini mudah merekat pada permukaan kue biasanya direkatkan dengan bantuan kuning atau putih telur.

Susu

Bahan kue kering lain yang sering digunakan sebagai tambahan agar mendapatkan hasil yang renyah adalah susu. Susu bubuk dan susu kental adalah dua jenis susu yang sering digunakan untuk membuat kue. Agar tidak menghasilkan aroma yang berlebihan, susu harus dimasukkan dengan takaran yang pas.

Susu kental dan susu bubuk biasanya dimasukkan ke dalam campuran adonan dalam waktu yang berbeda. Susu kental biasanya dimasukkan sebelum memasukkan tepung sedangkan susu bubuk dimasukkan bersamaan dengan tepung.

Cokelat Bubuk

Sama seperti kacang, fungsi cokelat bubuk adalah sebagai tambahan bahan kue kering. Karena bentuknya bubuk, maka cokelat ini dimasukkan bersamaan dengan tepung. Meskipun sudah banyak jenis cokelat bubuk yang beredar di pasaran, namun cokelat ini bisa digantikan dengan bahan lain.

Contohnya seperti produk milo, ovaltine, chocolatos drink, cappucino dan masih banyak lain. Silahkan pilih sesuai dengan selera dan keinginan karena penggunaan bahan tersebut dapat mempengaruhi hasil rasa kue.

Pasta/Essence

Penggunaan pasta pada kue bertujuan untuk memberikan warna atau aroma pada kue agar lebih menarik. Ada dua jenis essence yang digunakan pada kue yaitu essence buah-buahan atau vanilla. Adonan biasanya akan lebih sering menggunakan essence buah-buahan , sedangkan essence vanilla digunakan hanya untuk menambah aroma pada kue.

Buah

Buah-buahan memang paling mudah dijadikan sebagai tambahan bahan kue kering. Ada yang menggunakannya sebagai bahan inti, bahan campuran, atau hanya sebagai hiasan. Buah-buahan yang bisa dijadikan bahan inti adalah nanas, mangga, anggur, blueberry, strawberry yang mana sudah berbentuk selai.

Sedangkan buah-buahan untuk bahan campuran adalah irisan jeruk, kurma, durian, ceri dan masih banyak lagi. Dan untuk hiasan biasanya akan lebih banyak lagi yang dapat digunakan contohnya ceri, kismis, strawberry, kiwi, dan lainnya.

Kelapa

Sama seperti keju, kelapa banyak sekali dijumpai dalam kue kering. Meskipun bukan sebagai bahan utama, bahan kelapa ini banyak digunakan sebagai campuran. Untuk dapat menggunakannya harus di parut atau disangrai terlebih dahulu.

Namun ada juga yang menggunakan sari kelapa atau santan sebagai campuran adonan. Hasil kue yang menggunakan bahan ini biasanya renyah dan berlemak. Biasanya kue dengan campuran kelapa lebih cocok di campur dengan tepung maizena atau tepung kanji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu