Mengenali 8 Ciri Bayi 4 Bulan dalam Kondisi Sehat

Panik berlebihan atau paranoid terhadap kondisi bayi, membuat setiap ibu dan ayah menjadi wajib untuk membaca artikel ini. Ini lantaran, sedikitnya ada sekitar 8 ciri bayi usia 4 bulan dapat dikategorikan sehat dan tidak ada hal yang harus dikhawatirkan oleh bunda dan ayah di rumah secara berlebihan.

Semakin banyaknya penyakit yang menyerang bayi, kerap memberi rasa ketakutan berlebihan bagi para orang tua. Terutama pada orang tua yang baru memiliki buah hati. Untuk membantu mengurangi ketakutan para orang tua di rumah, silakan simak 8 tanda atau ciri anak usia 4 bulan dinyatakan sehat, yakni:

  1. Memperhatikan berat badan si bayi
    Pada usia 4 bulan, bayi yang memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang normal adalah ketika memiliki berat badan dua kali lipat dari ketika mereka dilahirkan. Misalnya, pada saat lahir si bayi memiliki berat badan 3,2 kilogram, maka jika pertumbuhannya normal di usia 4 bulan bayi Anda akan memiliki berat badan 6,4 kilogram. Jika tidak terjadi demikian maka Anda juga tidak harus terlalu panik. Tetapi, jika berat badan hanya bertambah sedikit maka sebaiknya Anda mengkonsultasikannya ke dokter anak.
  2. Gigi mulai tumbuh
    Gejala gigi akan tumbuh sudah mulai dirasakan dan dialami oleh bayi usia 4 bulan. Biasanya disertai dengan sejumlah tanda-tanda seperti produksi air liur semakin banyak, tambah suka menggigit benda yang didapatnya, bahkan bayi usia 4 bulan suka menggigit bajunya sendiri. Kondisi memang normal dialami bayi usia 4 bulan, jadi tidak harus khawatir secara berlebihan.
  3. Meraih benda-benda yang ada di dekatnya
    Menandakan bayi 4 bulan Anda dalam kondisi sehat, maka lihatlah dari perkembangan saraf motoriknya. Jika usia 4 bulan mereka semakin lincah dan reaktif terhadap lingkungan sekitar. Itu sebagai penanda bahwa pertumbuhan dan perkembangannya berjalan dengan sempurna. Salah satu kegiatan yang kerap mereka lakukan adalah menggapai semua benda yang berada di sekitarnya. Itulah sebabnya tidak disarankan meletakkan benda-benda kecil di sekitar tempat tidurnya.
  4. Kondisi leher semakin kuat
    Bayi usia 4 bulan sudah lebih kuat ketika tengkurap dan posisi duduk. Hal ini ditopang dengan kondisi leher dan kepala yang semakin kuat. Sehingga tidak ada lagi tubuh yang terlalu bergoyang pada posisi duduk. Mereka lebih tenang dibandingkan pada usia lebih muda.
  5. Kakinya semakin kuat
    Bayi usia 4 bulan biasanya sudah bisa menendang. Itu menandakan kakinya semakin kuat untuk digerakkan, apalagi merasakan ada objek yang mengenai kakinya.
  6. Jam tidur yang semakin normal
    Beda halnya ketika masih di usia 2 sampai 3 bulan, bayi di usia 4 bulan sudah memiliki jam tidur yang normal sekitar 7-8 jam per hari di malam hari. Dengan begitu, akan membantu bunda untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari.
  7. Sudah bisa tertawa
    Ketika usia 3 bulan, respons bayi hanya sebatas senyuman. Memasuki usia 4 bulan, bayi lebih responsif, mereka sudah mampu menanggapi hal yang mereka anggap lucu. Mereka bisa tertawa, itulah sebabnya bayi usia 4 bulan itu sangat menggemaskan.
  8. Penglihatan semakin tajam
    Di usia 4 bulan, para bayi biasanya lebih bisa menanggap objek bergerak secara sempurna. Hal ini disebabkan indera penglihatan bayi sudah semakin sempurna dan tajam. Dengan begitu, bayi akan mengikuti setiap objek yang bergerak di hadapannya dengan cepat. Bayi juga sudah mulai lebih teliti dan tertarik dengan benda yang memiliki warna yang cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu