Menidurkan Bayi Metode Long Good Bye untuk Ibu Super Sibuk

Tidur adalah kegiatan dan kebutuhan setiap manusia setelah lelah karena aktivitas yang cukup tinggi, begitu pula dengan bayi. Namun pada kondisi tertentu, bayi juga sulit tidur dan orangtuanya harus membantunya agar bisa terlelap. Bagi orangtua yang sudah berpengalaman tentu tidak kesulitan dalam menidurkan bayi. Bisa dengan menggunakan mainan atau cara-cara khusus yang sudah mereka ketahui.

Namun tidak berlaku bagi orangtua yang baru mempunyai anak. Bisa jadi kegiatan menidurkan bayi sama susahnya dengan memikirkan solusi untuk sebuah masalah yang rumit. Salah satu cara menidurkan bayi ialah dengan menggunakan metode long good bye. Seperti apakah metode ini?

Cara Menidurkan Bayi dengan Metode long good bye untuk ibu super sibuk

Metode ini menjadi salah satu untuk memberikan batasan antara orangtua dan bayi. Bisa dibilang metode ini sangat sesuai untuk orangtua yang mempunyai banyak kesibukan, sehingga mempunyai waktu lebih banyak untuk beraktivitas.

Konsep metode ini ialah dengan membiasakan bayi berbaring di tempat tidur sampai mengantuk. Saat bayi rewel sebaiknya orangtua sebaiknya tidak segera merespons tangisan, tapi memberinya jeda waktu. Saat tangisannya berubah histeris dan tidak normal, maka orangtua wajib menenangkannya. Bisa dengan menggendong atau menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut hingga dia tenang. 

Melakukan metode ini secara konsisten, maka akan membiasakan bayi sehingga tidak terlalu bergantung pada orangtua. Hal yang harus diperhatikan oleh orangtua ialah hendaklah jangan terlalu terburu-buru meninggalkan bayi sendirian. Semua prosesnya harus dilakukan secara bertahap hingga bayi terbiasa.

Metode ini akan efektif saat bayi tiba-tiba terbangun dan menangis pada malam hari, maka akan tenang dengan sendirinya tanpa perlakukan secara khusus dari orangtua. Namun orangtua juga harus senantiasa menjaga keamanan bayi saat meninggalkan bayi untuk beraktivitas, misalnya dengan adanya pengasuh bayi untuk menjaganya.

Metode ini dapat dilakukan saat menjelang bayi tidur tanpa mengenal batasan waktu, baik saat tidur siang atau malam. Caranya ialah dengan membaringkan bayi di tempat tidur saat dia mengantuk dengan kondisi mata terbuka. Orangtua hendaklah duduk di kursi di sebelah tempat tidur bayi.

Saat bayi rewel, orangtua bisa menepuk punggung dan kepala secara perlahan atau ditenangkan dengan kata-kata yang lemah lembut. Respons terhadap tangisan yaitu menggendongnya saat histeris, dan meletakkannya kembali ke tempat tidur saat bayi tenang namun masih belum mengantuk dan orangtua kembali duduk di kursinya. Setelah bayi terlelap maka bisa ditinggalkan.  Cara ini dapat diulang saat anak terbangun di tengah malam.

Mengulang aktivitas ini selama 3 hari saat bayi tidur siang maupun malam. Di malam keempat, kursi dipindahkan ke tengah kamar. Sedangkan pada hari ke tujuh, orangtua duduk mendekati pintu. Jika dilakukan secara konsisten maka dalam selang waktu 10 hari, bayi sudah bisa tidur sendiri.

Meski cara tersebut tidak selalu berhasil secara baik untuk setiap orang, maka perlu diadakan variasi cara yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Kesiapan bayi untuk tidur sendirian serta jauh dari orangtua tentu saja memerlukan waktu yang tidak sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

Manfaat metode long good bye secara umum ialah agar bayi dapat belajar tidur tanpa dibantu oleh orangtua. Harapannya yaitu peningkatan kualitas tidur bayi. Apapun risiko dan gangguan seperti tingginya suhu ruangan dan polusi suara yang membuat bayi terbangun, jika bisa diantisispasi dengan baik maka akan berdampak baik juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu