Obat Herbal Demam Berdarah Yang Mempercepat Proses Penyembuhan

obat herbal tipes

Saat ini penyebaran demam berdarah terjadi di beberapa daerah dan sudah banyak yang mengalaminya. Jika seseorang sudah terkena penyakit yang satu ini disarankan untuk segera mengobatinya dan menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu penting sekali mengetahui obat herbal demam berdarah yang dapat mempercepat proses penyembuhan.
Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus yang dibawa nyamuk yang bernama Aedes aegypti. Virus yang berasal dari nyamuk tersebut dinamakan virus dengue. Demam berdarah termasuk salah satu jenis penyakit yang harus segera diobati karena dapat berakibat fatal jika membiarkannya tanpa segera adanya penanganan.
Jika sudah mengalami beberapa gejala yang termasuk gejala penyakit demam berdarah, maka segera lakukan tindakan. Hal pertama yang harus dilakukan saat gejala muncul yaitu memeriksakan diri ke dokter. Bagi yang ingin tahu obat herbal demam berdarah yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Silahkan simak penjelasan berikut :

  1. Daun Pepaya untuk obat herbal demam berdarah
    Daun pepaya kerap dijadikan lalapan bagi sebagian orang. Selain bisa dimakan, daun pepaya juga memiliki banyak khasiat dan salah satu obat herbal demam berdarah yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Ekstrak dari daun pepaya dinyatakan dapat memberikan efek meningkatnya kadar trombosit pada darah penderita demam berdarah.

    Pernyataan daun pepaya dikatakan sebagai obat herbal demam berdarah yang dapat mempercepat proses penyembuhan sudah terbukti. Sudah terdapat penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengenai hal tersebut di India. Kandungan yang ada pada daun pepaya dapat menstabilkan dinding sel keping darah yang tidak mudah dihancurkan oleh virus yang bernama dengue.

    Cara membuat obat herbal dari daun pepaya sangat mudah, yaitu dengan cara merebusnya. Sebelum merebus disarankan untuk ditumbuk terlebih dahulu sampai halus dan jangan sampai bubuk. Setelah direbus, harus menyaring airnya. Dosis yang dianjurkan untuk meminum ramuan ini yaitu sebanyak 3 kali saja dalam sehari agar penyakit cepat sembuh.
  2. Jambu Biji untuk mengobati sakit demam berdarah

    Jambu biji memiliki banyak khasiat yang dapat digunakan juga untuk demam berdarah. Kandungan yang ada dalam jambu biji yaitu fosfor, kalsium, magnesium dan zat besi. Semua kandungan tersebut berfungsi untuk meningkatkan jumlah pada keping darah penderita DBD. Selain itu, adanya fosfor juga dapat memperbaiki jaringan pada pembuluh darah yang rusak.

    Jambu biji mengandung trombinol yang berfungsi sebagai pemberi rangsangan terhadap trombopoietin. Dengan adanya kandungan trombopoietin, pembentukan keping darah baru bisa terjadi dan membuat jumlah trombosit menjadi naik. Hal tersebut tentu akan memberikan efek yang baik pada penderita demam berdarah untuk membantu proses penyembuhan.

    Bukan hanya itu saja, jambu biji ternyata telah dinobatkan sebagai obat demam berdarah yang mengandung banyak quercetin. Akibatnya, penderita demam berdarah yang mengonsumsi jambu biji dapat menekan virus dangue dalam tubuh yang sedang tumbuh.
    Hal yang harus diperhatikan bagi penderita demam berdarah yang akan mencoba obat herbal jambu biji yaitu cara mengolahnya. Penderita demam berdarah diharuskan mengonsumsi makanan yang mudah dicerna, oleh karena itu jambu biji harus dihaluskan. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan membuatnya jadi jus agar mencegah dehidrasi juga pada penderita DBD.
  3. Petai China
    Petai china merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di negara Indonesia. Tanaman yang satu ini ternyata bisa dijadikan obat untuk penderita demam berdarah. Ekstra biji yang ada pada petai china dapat melakukan aktivitas perlawanan terhadap virus demam kuning yang dialami penderita demam berdarah.
  4. Temu Kunci
    Temu kunci atau biasa disebut dengan jahe china sering digunakan sebagai bumbu masakan. Telah dilakukan penelitian pada tanaman temu kunci dan hasilnya ternyata dapat mengobati demam berdarah. Khasiat yang ditemukan pada temu kunci yaitu dapat menghambat virus dengue pada demam berdarah.
  5. Buah Jeruk
    Konsumsi makanan vitamin c sangat disarankan bagi penderita demam berdarah, salah satunya adalah buah jeruk. Kandungan vitamin c yang terkandung dalam buah jeruk ternyata memberikan efek positif bagi penderita demam berdarah. Selain adanya vitamin c dalam jeruk juga terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas pada tubuh penderita DBD.

    Cara mengonsumsi buah jeruk disarankan untuk dibuat jus. Khasiat dari mengonsumsi jus jeruk yaitu dapat membuat penderita demam berdarah mengeluarkan urine. Proses buang air kecil dapat membantu mengeluarkan racun yang ada pada tubuh penderita demam berdarah. Dengan begitu tubuh akan sehat dan tidak akan mengalami dehidrasi.

    Pembuatan jus jeruk dapat dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Perlu diperhatikan bahwa jus jeruk sebaiknya dibuat sendiri dan disarankan untuk tidak membeli pada kemasan botol. Hal tersebut bertujuan agar konsumsi jus jeruk bisa lebih sehat jika dibuat sendiri langsung di rumah.
    Demikian beberapa penjelasan mengenai obat herbal demam berdarah yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Semua obat yang telah dijelaskan bisa dilakukan dengan mengikuti cara yang telah dianjurkan pada penjelasan di atas. Jika dilakukan dengan sesuai prosedur yang disarankan secara baik dan benar maka penyakit demam berdarah akan segera sembuh.

Info lain tentang obat herbal :

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu