Obat Herbal Diabetes Yang Ada di Dapur

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia. Bagi yang sudah terkena penyakit diabetes ini sangat dianjurkan untuk segera mengobatinya. Obat diabetes saat ini sangat mudah ditemukan di apotik. Namun sekarang anda dapat membuat sendiri obat herbal diabetes yang ada di dapur.

Beberapa macam bumbu ternyata selain berfungsi untuk memberikan rasa enak terhadap makanan bisa juga menjadi obat herbal diabetes yang ada di dapur. Walaupun demikian tidak semua bumbu dapur bisa dijadikan obat diabetes. Hanya ada beberapa bumbu dapur yang bisa kita jadikan obat untuk mengatasi diabetes. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kunyit

Diabetes merupakan penyakit gula darah yang tidak dapat terkendali di dalam tubuh manusia. Pengendalian kadar gula dalam tubuh ternyata bisa diobati dengan mengonsumsi kunyit. Dengan adanya kandungan yang ada pada kunyit dapat membuat penyakit diabetes terkontrol dengan baik. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan antioksida pada kunyit.

Kunyit untuk obat herbal diabetes

Dalam sebuah studi ternyata menemukan pernyataan bahwa kadar gula yang ada pada penyakit diabetes dapat menurun setelah mengonsumsi kunyit. Seseorang telah membuktikan pengobatan menggunakan kunyit dengan mengonsumsinya setiap hari sebanyak 300 mg. Setelah melakukan hal tersebut ternyata kadar gula bisa turun hingga 18% .

Sementara itu kunyit juga telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsinya berguna juga untuk pencegahan penyakit diabetes. Dari beberapa hal tersebut maka para peneliti menyimpulkan bahwa kunyit dapat dipercaya sebagai obat herbal yang dapat membantu menurunkan gula darah serta mampu mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

2. Bawang merah

Hampir semua orang menyimpan persediaan bawang merah di dapurnya karena sangat berkhasiat sebagai pemberi rasa nikmat terhadap makanan. Ternyata selain fungsinya sebagai penyedap makanan bawang merah juga dapat dijadikan sebagai obat diabetes. Belum terlalu banyak penelitian yang membuktikannya. Akan tetapi pengobatan bawang merah sudah terbukti.

Ada salah satu studi yang sudah membuktikannya. Pada penelitian studi melibatkan beberapa penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2. Para penderita diabetes tersebut mencoba memakan bawang merah yang mentah sebanyak 100 gram setiap harinya. Ternyata setelah dicek para penderita diabetes tersebut berhasil menurunkan gula darah yang ada pada tubuhnya.

Beberapa ahli juga menyatakan bahwa bawang merah bisa dijadikan sebagai obat herbal diabetes yang ada di dapur. Bawang merah memiliki potensi yang dapat meningkatkan kadar insulin dan dapat membantu proses glikolisis yang dapat menjadi penyebab menurunnya kadar gula darah.

3. Jahe

Jahe merupakan rempah-rempah yang cukup terkenal karena banyaknya khasiat yang ada pada rempah-rempah yang satu ini. Selain berfungsi sebagai rempah-rempah dan juga memiliki khasiat untuk kesehatan jahe merupakan obat diabetes. Dalam sebuah penelitian jahe sudah terbukti dapat mengurangi kadar gula yang ada pada tubuh.

Selain dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh, ternyata jahe juga dapat mengurangi kadar Hba1c. Penelitian mengenai bukti bahwa jahe dapat mengurangi kadar gula serta kadar Hba1c sudah dilakukan pada penderita diabetes yang berjumlah 88 orang. Konsumsi jahe yang dilakukan sebanyak 3 gram yang dilakukan setiap hari dalam jangka delapan minggu.

Manfaat lainnya dari pengobatan jahe untuk penderita diabetes bukan hanya dapat mengurangi kadar gula dan Hba1c saja. Jahe juga memiliki fungsi sebagai obat pencegahan pada peradangan yang dapat menyebabkan komplikasi mata dan jantung yang bagian dari akibat penyakit diabetes pada penderitanya.

4. Paria

Paria atau biasa disebut dengan pare ternyata merupakan salah satu obat untuk penyakit diabetes. Mengonsumsi pare ternyata dapat mengurangi kadar gula yang ada pada tubuh penderita diabetes. makanan yang satu ini memang jarang disukai karena pahit. Namun, tidak perlu khawatir lagi karena sekarang sudah ada dalam bentuk suplemen.

Jika anda tidak menyukai pare yang langsung dimakan bisa membuatnya menjadi jus. Pare yang dibuat jus telah terbukti dapat menimbulkan peningkatan toleransi gula darah di beberapa kasus. Dengan cara meminumnya dalam bentuk jus maka anda bisa melakukannya dengan sekali teguk jika tidak suka pare yang dimasak.

5. Daun Kelor

Daun kelor juga ternyata dapat dikatakan sebagai salah satu obat diabetes karena khasiat yang dimilikinya. Adanya kandungan yang terdapat dalam daun kelor ternyata mampu menciptakan sistem imun yang berguna untuk tubuh. Dengan demikian maka penyakit diabetes dapat teratasi.

6. Kayu Manis

Banyak orang yang menggunakan kayu manis sebagai bahan tambahan pada masakan. Kandungan yang ada pada kayu manis dapat mengobati penyakit diabetes. Kandungan yang ada di dalam kayu manis berfungsi sebagai pencegahan komplikasi pada diabetes dan dapat membuat keseimbangan kadar gula.

Itulah beberapa penjelasan dari obat herbal diabetes yang ada di dapur. Bagi yang penasaran bisa membuktikannya sendiri dengan cara mencobanya. Perlu diingat harus diseuaikan dengan aturan yang ada. Silahkan ikuti caranya sesuai dengan penjelasan di atas dari mulai bagaimana cara mengonsumsinya dan harus berapa dosis yang dianjurkan untuk pengobatannya.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu