Obat Herbal Maag Paling Ampuh Dan Manjur

Sakit maag adalah kondisi dimana perut mengalami sakit seperti ditusuk-tusuk dan melilit yang pastinya akan sangat menyiksa. Sakit maag yang sering diabaikan bisa menjadi penyakit maag akut yang berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu ada baiknya mengkonsumsi obat herbal maag yang terkenal alami dan tidak beresiko.

Ada banyak sekali herbal yang ada di Indonesia yang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Kali ini akan dijelaskan beberapa obat herbal untuk mengatasi sakit maag.

Bawang Putih Laki-laki

Bawang putih laki-laki berbeda dengan bawang putih yang sering digunakan untuk memasak pada umumnya. Bentuknya kecil-kecil dan tidak bergerombol nampak seperti bawang merah hanya saja berwarna putih. Bawang jenis ini ternyata dipercaya sebagai obat herbal maag yang ampuh.
Untuk menjadikan bawang putih laki-laki ini adalah dengan mengambilnya sebesar kuku telunjuk kemudian kunyah dan telan. Lakukan hal ini secara rutin yakni pagi, siang dan sore hari hingga maag terasa sembuh. Mungkin setelah mengkonsumsi bawang ini dalam beberapa hari maag akan terasa sembuh, namun sebaiknya jangan hentikan sampai maag benar-benar sembuh.

Temulawak

Bahan yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh yang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satunya sebagai obat sakit perut saat serangan maag kambuh. Kandungan minyak atsiri dalam temulawak dipercaya dapat menambah produksi getah empedu dan memperbaiki jaringan yang rusak.
Untuk menjadikan temulawak sebagai obat herbal maag yakni dengan membuat ramuan minuman. Caranya bisa dengan menghaluskan temulawak kemudian mengambil saripatinya. Bisa dikonsumsi langsung atau bisa juga direbus dahulu dengan air.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang biasanya dijadikan sebagai tempe ataupun tahu. Kandungan nutrisi dalam kacang kedelai cukup banyak seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin B9, vitamin K, tembaga, mangan, fosfor hingga zat besi.
Kerusakan sel-sel tubuh dapat dihindari oleh kandungan isoflavon dan juga dapat melancarkan pencernaan. Naiknya asam lambung dapat dicegah dengan kandungan protein dalam kacang kedelai yang memperkuat otot-otot kerongkongan. Oleh sebab itu kacang kedelai dipercaya sebagai obat herbal maag.

Daun Pegagan

Walau diketahui bahwa jenis daun ini terasa pahit karena ada kandungan zat felarin di dalamnya. Namun ada juga beberapa kandungan zat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Daun pegagan ini berperan sebagai anti lepra dengan kandungan glocosida triterpenoida untuk menyembuhkan luka.
Daun ini dapat juga digunakan untuk mengatasi perut kembung dan juga untuk mengatasi sakit maag. Sakit maag sendiri akan menyebabkan penderitanya kembung karena gas yang ditimbulkan oleh asam lambung.

Daun Mint

Ada banyak kebaikan yang ditawarkan oleh daun mint sehingga membuatnya digunakan sebagai bahan utama pengobatan. Bahkan berbagai produk kosmetik mengambil manfaat dari daun beraroma menyenangkan. Daun mint biasanya digunakan sebagai penambah aroma saat memasak ternyata memiliki kandungan yang luar biasa.
Selain memiliki kandungan antioksidan, ada juga kandungan lain seperti vitamin E, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C. Vitamin ini akan memberikan rasa nyaman pada perut yang merasa mual dan kembung saat maag. Inilah alasan mengapa daun mint dapat dijadikan sebagai obat herbal maag yang ampuh.

Daun Jambu Biji

Hampir kebanyakan orang memiliki tanaman jambu biji. Bukan hanya buahnya yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, ternyata daunnya dapat memberikan manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Orang Indonesia mempercayai daun jambu biji untuk mengatasi diare, namun ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi sakit maag.
Kandungan dalam daun jambu biji dipercaya dapat mengatasi perut yang kembung karena gas dari asam lambung. Sehingga saat mengalami sakit maag dianjurkan untuk meminum air rebusan daun jambu biji.

Kencur

Kencur yang kita ketahui efektif mengatasi batuk dan asma. Bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan penyedap masakan ini ternyata ampuh sebagai obat herbal maag. Di dalamnya terdapat banyak kandungan seperti mineral, pati, minyak atsiri, dan gon.
Kandungan zat sitotosik dan antibakteri dalam kencur dapat mengatasi masalah dalam pencernaan. Erosi dan luka pada lambung dapat dicegah dengan mengkonsumsi kencur. Untuk mengkonsumsinya dapat secara langsung atau dibuat ramuan yang akan lebih baik dikonsumsi setelah bangun tidur sebelum memakan apapun.

Kunyit

Bahan rempah ini dengan kandungan anti radang dan antioksidannya mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Diantaranya untuk mempercepat penyembuhan luka, meringankan gejala rematik, melancarkan pencernaan, obat amandel, dan memperlambat penyebaran sel kanker.
Kandungan senyawa di dalam kunyit sangat baik seperti bisdesmitoksikurkumin, desmotoksikumin serta kurkumin yang bermanfaat sebagai obat maag. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air perasan kunyit yang sudah diparut terlebih dahulu secara rutin pagi dan sore.

Demikian adalah informasi mengenai obat herbal maag yang dapat digunakan saat sakit maag melanda. Pengobatan dengan menggunakan herbal lebih baik jika menggunakan obat berbahan kimia. Selain dapat menyehatkan tetapi juga dapat mengatasi penyakit tanpa resiko.

Info lain tentang obat herbal :

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu