Obat Herbal Melancarkan Haid Yang Aman Bagi Kesehatan

siklus haid berantakan

Bagi kaum hawa, memiliki jadwal haid yang lancar adalah suatu tanda bahwa tidak adanya masalah kesehatan. Jika sebaliknya, bisa jadi adanya penyakit tertentu yang sedang diderita. Namun, apabila jadwal haid tidak lancar, sebaiknya tidak perlu terburu-buru panik. Selain berkonsultasi dengan dokter juga dapat mencoba obat herbal melancarkan haid.

Baca juga : Obat herbal diabetes

Siklus haid yang normal pada umumnya terhitung 28 hari – 35 hari. Namun, siklus tersebut tidak selalu terjadi pada semua perempuan. Haid yang tidak teratur tidak selalu sebagai tanda hamil bagi perempuan. Bisa jadi penyebab haid tidak lancar adalah stress, hormon yang tidak seimbang, bahkan sebagai tanda salah satu penyakit.

Berbicara mengenai siklus haid yang tidak lancar, tentunya berpengaruh pada asupan makan. Dengan mengonsumsi jenis makanan yang tepat dan mengaplikasikan pola makan sehat, haid dapat menjadi lancar. Terdapat beberapa obat herbal melancarkan haid yang aman dikonsumsi dan mudah dicoba di rumah. Ulasannya yakni sebagai berikut:

  1. Kunyit untuk obat herbal haid
    Kunyit adalah sejenis tanaman rimpang yang memiliki segudang manfaat, selain sebagai bumbu masakan. Zat kurkumin pada kunyit berperan untuk meringankan sakit saat pramenstruasi. Aktivitas estrogenik pada kunyit juga dapat merangsang uterus dalam membantu melancarkan siklus haid. Gejala kembung saat ataupun sebelum menstruasi juga dapat menjadi ringan jika mengonsumsi kunyit.
    Cara melancarkan haid dengan memanfaatkan kunyit yakni dengan menyiapkan 500gr kunyit, 250gr gula jawa, dan 500gr asam jawa. Kupaslah dan cuci kunyit dengan bersih lalu rebuslah dengan bahan-bahan lainnya yang telah disediakan dengan 2000ml air. Setelah mendidih, tunggulah menjadi hangat sebelum dikonsumsi lalu campurkan ¼ sendok teh garam.
  2. Daun Pepaya
    Meskipun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya memiliki manfaat sebagai obat herbal melancarkan haid. Adanya kandungan beragam vitamin dan kalsium yang ada di dalamnya dinilai ampuh sebagai solusi siklus haid yang tidak lancar. Tentunya daun pepaya sangat mudah ditemukan karena banyak yang menanamnya bahkan umum dijual di pasar maupun supermarket.
    Jika ingin mengonsumsi daun pepaya untuk melancarkan haid, caranya yakni dengan mengambil secukupnya daun pepaya lalu cuci bersih. Saat direbus dengan dua gelas air, dapat ditambahkan asam jawa dan garam. Rebus sehingga mendidih dan airnya berkurang hingga satu gelas. Minumlah air ramuan tersebut untuk mengurangi dan melancarkan haid.
  3. Jahe supaya haid lancar
    Selain berguna untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kewanitaan, seperti melancarkan haid. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kandungan alami, seperti adanya minyak atsiri, vitamin A, B2, C, fosfor, niasin, serta sodium. Nutrisi dan vitamin tersebut kemudian juga berguna untuk meredakan nyeri haid.
    Untuk merasakan khasiat jahe, siapkanlah satu rimpang jahe dan cuci bersih kemudian parut. Rebuslah dengan dua gelas air lalu saring dahulu sebelum diminum. Untuk rasa yang lebih enak, dapat menambahkan madu atau gula batu. Konsumsilah secara rutin untuk melancarkan haid dan meminimalisir nyeri saat haid.
  4. Air Kelapa Hijau
    Mendengar kata air kelapa, tentunya sangat menyegarkan. Namun, siapa sangka bahwa air kelapa hijau dapat menjadi obat herbal melancarkan haid. Hal ini dikarenakan air kelapa hijau mengandung vitamin B kompleks, vitamin C, adanya kalsium, magnesium, dan elektrolit yang tinggi. Berbagai nutrisi yang dikandungnya membuat air kelapa hijau dapat dikonsumsi saat haid.
    Minumlah air kelapa hijau secara teratur untuk merasakan manfaat yang maksimal. Selain itu, dengan mengonsumsi air kelapa hijau juga dapat menjaga kesehatan tubuh serta menyeimbangkan cairan tubuh. Jika terjadi kram perut saat haid juga aman untuk mengonsumsi air kelapa hijau.
  5. Jus Wortel
    Saat datang bulan, sering kali perut terasa nyeri bahkan kram. Hal ini tentu membuat tidak nyaman saat melakukan beraktivitas dan pada akhirnya segala kegiatan pun menjadi terganggu. Jika pernah mengalaminya, cobalah meminum jus wortel yang dipercaya dapat meringankan kram yang diakibatkan oleh haid karena dapat membantu melancarkan aliran darah.
    Kandungan wortel seperti fitoestrogen di dalamnya dapat bermanfaat untuk meredakan sakit saat haid. Selain itu, dengan mengonsumsi jus wortel juga dapat membuat tubuh tidak mudah lelah saat haid tiba. Zat besi yang terdapat pada wortel juga dapat mengatasi kehilangan darah dan melengkapi tubuh sebagai sumber zat besi pada masa haid.
  6. Kayu Manis
    Kayu manis menyimpan sejuta manfaat, tidak hanya akarnya tetapi kulitnya juga berguna bagi kesehatan tubuh. Bagi perempuan, kayu manis dapat dijadikan obat herbal melancarkan haid. Jika memiliki siklus haid yang kacau, dapat mencoba mengonsumsinya agar jadwal haid menjadi lancar. Hal ini karena kayu manis dapat menghangatkan tubuh sehingga aliran darah pun lancar.
    Siklus menstruasi dapat dipengaruhi oleh produksi insulin. Dengan mengonsumsi kayu manis yang mengandung hidroksikalkon, produksi insulin dalam tubuh dapat menjadi seimbang. Jika ingin merasakan manfaatnya, dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dengan minuman hangat. Konsumsilah secara teratur dalam dua kali sehari.

    Itulah informasi mengenai obat herbal melancarkan haid yang perlu diketahui dan aman dikonsumsi bagi kesehatan. Jika telah mencoba obat herbal namun belum adanya kemajuan berarti, berkonsultasilah dengan dokter untuk tindakan lebih lanjut. Tidak lupa untuk selalu olah raga, perbanyak minum air putih, dan menjaga pola makan agar siklus haid lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu