Obat Herbal Nyeri Sendi Serta Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Nyeri Sendi

Nyeri sendi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akibat aktivitas yang berat serta lambatnya reproduksi sel-sel baru menjadi penyebab utama nyeri sendi. Faktor usia menyebabkan hampir orang yang berada di lanjut usia akan merasakan nyeri sendi. Ada beberapa bahan makanan yang ada di sekitar dapat dijadikan obat herbal nyeri sendi.

Osteoarthritis atau rheumatoid arthritis  serta cedera lainnya merupakan beberapa yang menyebabkan nyeri sendi. Berikut akan dipaparkan beberapa obat herbal nyeri sendi pada umumnya. Untuk lebih jelas simak penjelasan berikut.

Obat Herbal Nyeri Sendi

Memilih konsumsi pil yang dibuat dari bahan kimia untuk mengobati nyeri sendi tidaklah satu-satunya solusi. Memanfaatkan tanaman  yang tumbuh dan tersedia di sekitar lingkungan rumah serta bahan-bahan lain di sekitar kita juga dapat bermanfaat mengobati nyeri sendi. Berikut ini obat herbal nyeri sendi dari tanaman dan bahan-bahan lain yang mudah ditemukan di sekitar :

  1. Gel Yang Terdapat Pada Lidah Buaya Sebagai Obat Sakit Sendi
    Lidah buaya sangat populer sebagai tanaman dengan banyak manfaat. Kali ini lidah buaya memiliki manfaat untuk herbal nyeri sendi. Jika nyeri sendi mulai terasa mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat mengurangi, namun dinginkan terlebih dahulu gel yang akan digunakan
  2. Memanfaatkan Panas Yang Terkandung Pada Jahe
    Jahe adalah bahan makanan yang selalu tersedia dalam bumbu dapur di rumah. Senyawa panas yang terdapat pada jahe juga ampuh meringankan dan menyembuhkan nyeri sendi. Murah dan mudah dicari tanamannya di sekitar rumah.
  3. Bubuk Kunyit
    Siapa yang tidak kenal kunyit, tanamannya sangat mudah tumbuh di pekarangan rumah, kunyit dapat memperlambat rasa nyeri pada sendi-sendi tulang. Bahan ini selalu melimpah dan sangat cocok jika di ramu menjadi bubuk untuk dijadikan obat herbal nyeri sendi.
  4. Air Garam
    Larutan garam ke dalam air hangat juga dapat menyembuhkan nyeri sendi pada tulang. Cukup mudah hanya menyiapkan air hangat pada suatu wadah. Lalu menaburkan garam ke atasnya sebanyak 3 sendok makan lalu masukkan bagi yang terserang nyeri sendi.
  5. Teh Hijau Hangat
    Menikmati teh hijau yang hangat selain dapat menyegarkan ternyata dapat meredakan nyeri pada sendi. Cukup di seduh teh hijau dapat dibeli di pasaran. Untuk menikmati teh hijau ini dapat dikonsumsi secara rutin sembari duduk santai atau pada saat nyeri sendi mulai meradang.
    Makanan Yang harus Dihindari Penderita Nyeri sendi
    Selain mengkonsumsi obat herbal nyeri sendi menghindari beberapa makanan juga sangat penting dilakukan. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan akan mengakibatkan sakit pada tubuh. Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita nyeri sendi :
  6. Olahan Daging Merah
    Pembengkakan di sendi akan semakin parah jika adanya makanan yang mengandung asam lemak omega 6. Salah satu makanan yang mengandung senyawa itu adalah daging merah. Namun bukan tidak boleh mengkonsumsinya sama sekali. Aturlah porsi daging merah yang cukup sesuai kebutuhan nutrisi tubuh.
  7. Kopi
    Kopi adalah jenis makanan yang dapat memicu tingkat keasaman pada darah. Hal ini dapat memperparah peradangan pada nyeri sendi. Gantilah kopi menjadi minuman herbal atau teh hijau yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu penggemar kopi yang mengidap nyeri sendi sebaiknya untuk menghilangkan kebiasaan ini.
  8. Gandum Dan Kandungan Susu Yang Tinggi
    Susu dapat menyebabkan alergi pada penderita arthritis dan memperparah peradangan sendi. Untuk susu dapat diganti dengan susu oat atau kacang almond maupun huzelnut. Pengganti susu ini juga dapat menjadi alternatif asupan yang mengandung nutrisi namun tidak mengganggu peradangan sendi.
  9. Sayuran Tomat, Kentang Terong Dan Paprika
    Sayuran diatas adalah jenis sayuran yang akan memicu dan memperburuk kondisi atau rasa nyeri pada sendi. Usahakan untuk konsumsi sayuran yang lain yang mengandung nutrisi dan energi. Untuk kentang putih dapat diganti dengan kentang merah walau sedikit lebih mahal namun rasa dan kandungan juga lebih baik dari kentang putih.
  10. Segala Jenis Gorengan
    Gorengan yang menggunakan minyak kandungan omega 6 tentunya akan berdampak pada nyeri sendi. Jika ingin mengkonsumsi gorengan pilihlah minyak goreng tertentu yang tidak mengandung senyawa ini. Dan jika memang bisa digantikan dengan makanan lain tidak mengkonsumsi juga sangat baik.

    Nyeri pada sendi memang membuat para penderitanya menggunakan balsem untuk meredakan peradangan. Namun gel alami juga menjadi obat herbal nyeri sendi yang aman, murah dan mudah didapatkan. Selain itu lakukan gerakan ringan dan olah raga agar nyeri sendi dapat lebih ringan dirasakan.

    Jika rasa nyeri sendi sudah pada rasa yang sangat berat, maka kompreskan ke bagian yang sakit dengan handuk yang telah direndam dengan air dingin juga dapat meredakan nyeri sendi. Macam obat herbal nyeri sendi diatas dapat salah satu bahan makanan yang dapat dimanfaatkan sebagai herbal alami bagi penderita nyeri.

Info lain tentang obat herbal

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu