Obat Herbal Radang Tenggorokan Yang Mudah Dibuat di Rumah

obat radang tenggorokan

Radang tenggorokan yaitu  salah satu penyakit banyak dialami oleh orang Indonesia. Bukan hanya terkenal nama penyakitnya saja, radang tenggorokan juga sudah memiliki penderita yang cukup banyak. Melihat hal tersebut maka penting sekali untuk mengetahui obatnya. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan obat herbal radang tenggorokan yang mudah dibuat di rumah.

Nama lain dari radang tenggorokan disebut juga dengan faringtis. Penyakit radang tenggorokan yaitu merupakan peradangan yang terjadi pada faring atau tenggorokan. Jika seseorang sudah terkena penyakit radang tenggorokan maka suaranya akan menjadi serak. Bukan hanya menjadi serak saja, bahkan bisa sampai menyebabkan kehilangan suara karena adanya iritasi pada vita suara.

Baca juga : Obat herbal kolesterol yang aman

Radang tenggorokan memiliki tahapan untuk memastikan tingkat keparahan penyakit. Jika penyakit yang berangsur lebih dari satu hari maka dikategorikan radang tenggorokan akut. Adapun jika penyakit radang tenggorokan sudah lebih dari tiga minggu maka dikategorikan sebagai radang tenggorokan kronis. Untuk itu anda perlu mengetahui obat herbal radang tenggorokan sebagai berikut.

1. Air Putih

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan saat radang tenggorokan melanda yaitu dengan pengobatan melalui air putih. Metode ini sangat mudah untuk dilakukan karena keberadaan air putih yang dapat kita temukan dimana saja. Dianjurkan bagi yang menderita radang tenggorokan untuk memperbanyak minum air putih.

Memperbanyak minum air putih bagi penderita radang tenggorokan sangat dianjurkan. Jika tidak mengonsumsi air putih yang banyak atau hanya sedikit maka hal tersebut dapat membuat keadaan semakin parah. Untuk itu disarankan untuk memperbanyak konsumsinya agar menghindari dehidrasi juga.

2. Sup Hangat

Makanan khas yang banyak disukai hampir semua orang yang bernama sup ini memiliki banyak khasiat. Dengan mengonsumsi sayur sup tubuh sehat juga akan kita miliki dan terhindar dari berbagai penyakit. Sup yang dijadikan untuk obat radang tenggorokan adalah sup yang hangat.

Manfaat yang dapat dirasakan oleh penderita radang tenggorokan saat mengonsumsi sup hangat yaitu dapat memberikan rasa hangat pada tenggorokan. Selain itu, sayuran dalam sup juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian radang tenggorokan sembuh dan tubuh jadi sehat.

3. Garam Dicampur Air Hangat

Obat herbal radang tenggorokan yang mudah dibuat di rumah diantaranya adalah garam yang dicampurkan dengan air hangat. Garam merupakan penyedap rasa yang hampir ada di semua dapur yang ada di rumah. Selain mudahnya kita menemukan garam selanjutnya membuat ramuan yang mudah pula. Caranya dengan mencampurkan garam dengan air hangat.

Bagi yang sudah membuat ramuan garam dicampur air hangat selanjutnya ramuan tersebut bisa segera diminum. Air yang dicampurkan jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan perkiraan masing-masing tingkatan panasnya seperti apa. Sebaiknya gunakan air hangat yang sudah benar-benar bebas dari bakteri.

Untuk yang berniat mencoba pengobatan melalui campuran air hangat dan garam perlu juga untuk memperhatikan dosisnya. Cukup lakukan hal tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali saja dalam sehari dan perlu diperhatikan bahwa pengobatan hanya dilakukan selama pengobatan saja. Bagiyang sudah berhasil mencobanya bisa menghentikan hal tersebut.

Baca juga : Obat herbal asam lambung

4. Madu dan Air Hangat

Madu dikenal sebagai makanan yang banyak mengandung vitamin. Selain khasiatnya yang luar biasa yang ada pada madu , ternyata madu juga dapat dijadikan alternatif pengobatan bagi penderita radang tenggorokan.

Pada campuran madu dan air hangat di sini juga harus tetap memperhatikan tingkat kepanasan air yang dicampurkan. Hal lain yang harus diperhatikan juga ketika memilih air panas sebaiknya air yang benar-benar matang dan bebas dari kuman. Sensasi yang dirasakan ketika meneguk air hangat akan memberikan ketenangan tersendiri untuk tenggorokan.

Setelah menentukan tingkat kehangatan pada air yang dicampurkan dengan madu, selanjutnya anda dapat meminumnya langsung. Campuran dari air hangat dan madu ini  dapat berfungsi sebagai lapisan dalam tenggorokan. Selain itu juga campuran madu dan air hangat dapat memberikan rasa tenang terhadap iritasi yang terjadi di tenggorokan.

5. Jahe dan Kayu Manis

Bagi yang ingin memanfaatkan jahe untuk mengobati radang tenggorokan tentu sangat bisa dan disarankan. Penggunaan racikan jahe dan kayu manis ternyata dapat menurunkan gejala yang diderita oleh orang yang sedang mengalami radang tenggorokan. Cara membuat racikan jahe dan kayu manis yaitu dengan cara merebus keduanya.

Dalam pembuatan ramuan kali ini boleh menambahkan bahan lainnya seperti madu ataupun gula merah. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan tambahan rasa pada ramuan. Mengonsumsi ramuan tersebut dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari. Penggunaan ramuan tersebut dilakukan selama masa pengobatan sampai sembuh.

Demikian beberapa penjelasan mengenai obat herbal radang tenggorokan yang mudah dibuat di rumah. Semua bahan yang digunakan untuk membuat ramuan sangat mudah dan praktis. Dari semua penjelasan di atas bahan yang digunakan semuanya dapat ditemukan di dapur yang ada di rumah, sehingga tidak perlu lagi untuk keluar rumah.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu