Obat Herbal Sakit Gigi Secara Tradisional

Sakit gigi merupakan hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang walaupun sakit gigi hanya merupakan luka kecil. Namun sakit gigi ini dapat membuat penderitanya meringis kesakitan bahkan rasanya ingin menangis. Berdasarkan hal tersebut kita tidak perlu khawatir lagi karena sekarang ada obat herbal sakit gigi secara tradisional.

Mengatasi sakit gigi tidak harus dibiasakan menggunakan obat-obatan yang dibeli di apotek atau obat dari dokter. Apalagi jika tempat tinggal kita jauh dari apotek dan klinik. Kini tak perlu bingung atau khawatir lagi karena sekarang obat sakit gigi bisa dibuat sendiri oleh kita di rumah tanpa harus keluar rumah atau biaya yang mahal.

Sakit gigi sering sekali jadi penyakit yang dialami hampir semua orang. Oleh karena itu wajib mengetahui obat sakit gigi yang seperti apa yang dapat dibuat sendiri di rumah tanpa harus ribet dan mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk itu silahkan perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini mengenai obat herbal sakit gigi secara tradisional.

Garam

Hampir semua orang di dalam rumahnya mempunyai garam karena sangat diperlukan untuk memasak. Akan tetapi tidak semua orang tahu bahwa ternyata garam bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Caranya sangat mudah, hanya perlu mencampurkan garam dengan air kemudian digunakan dengan cara berkumur-kumur.

Mengobati sakit gigi menggunakan garam caranya berkumur selama beberapa detik yaitu sekitar 30 detik kurang lebih. Setelah berkumur-kumur kemudian airnya dibuang dan jangan ditelan. Khasiat yang bisa didapatkan dari kegiatan berkumur-kumur menggunakan garam ini adalah berfungsi agar peradangan pada gusi yang nyeri bisa mereda.

Bawang Putih

Manfaat bawang putih selain bisa menyedapkan masakan ternyata bisa menjadi obat bagi penderita sakit gigi. Penggunaan bawang putih pada sakit gigi yaitu dengan cara mengunyahnya. Hal ini sangat praktis dan mudah sekali untuk dilakukan karena hampir semua orang juga mempunyai bawang putih yang tersimpan di dapur.

Hal pertama yang dilakukan ketika akan mengobati sakit gigi dengan bawang putih adalah mengupas bawang putih terlebih dahulu. Bawang putih yang digunakan tidak perlu terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Bagi yang ingin mencobanya cukup siapkan 2 siung bawang putih saja dan tidak usah lebih karena itu sudah cukup.

Peran bawang putih bagi penderita sakit gigi yaitu dapat meredakan atau mengurangi sakit gigi yang disebabkan oleh peradangan. Selain itu khasiat yang ada pada bawang putih dapat melawan beberapa kuman yang ada pada gigi. Bawang putih juga mempunyai kandungan anti bakteri yang bisa bermanfaat untuk gigi.

Minyak Cengkeh

Orang-orang jaman dahulu masih banyak yang mempunyai pohon cengkeh karena melihat banyak keuntungan yang diperoleh dari cengkeh itu sendiri. Ternyata sama halnya dengan obat sakit gigi yang juga bisa memanfaatkan cengkeh. Cara untuk mengobati sakit gigi dengan cengkeh yaitu menggunakan minyak cengkeh sebagai pereda nyeri.

Cara penggunaan dari minyak cengkeh yaitu dengan cara mencampurkannya dengan beberapa tetes saja minyak zaitun. Kemudian setelah mencampurkan minyak cengkeh dan zaitun ambillah bola kapas yang biasa digunakan untuk membersihkan telinga. Bola kapas yang dicelupkan ke campuran minyak, lalu tempelkan dengan kuat pada bagian gigi yang sakit.

Bahan kimia yang terkandung dalam cengkeh dinamakan eugenol yang memiliki fungsi sebagai mengatasi peradangan pada gigi. Selain itu bahan kimia yang terkandung di dalam minyak cengkeh juga berfungsi untuk melawan beberapa bakteri yang bersemayam pada gigi. Salah satu penyebab sakit gigi adalah adanya bakteri maka bakteri itu harus dimusnahkan.

Melihat begitu pentingnya peran minyak cengkeh untuk mengatasi sakit gigi maka wajib bagi penderita sakit gigi untuk menyediakannya. Minyak cengkeh sekarang sudah mudah ditemukan di beberapa apotek tanpa harus membuatnya sendiri di rumah yang akan lumayan menyita banyak waktu.

Teh Hangat

Teh hangat merupakan obat sakit gigi yang paling mudah dan sangat praktis untuk dilakukan. Hampir semua orang menyukai teh hangat karena selain bisa menghangatkan badan teh hangat juga memiliki aroma yang menenangkan. Sayangnya, belum semua orang tahu bahwa teh hangat ternyata bisa menyembuhkan sakit gigi.

Bagi yang belum tahu ternyata dalam teh hangat itu terdapat kandungan anti bakteri yang berperan untuk membunuh bakteri yang ada pada gigi. Caranya, cukup dengan mengumurkan teh hangat kemudian sakit gigi akan sedikit mereda.

Demikian beberapa penjelasan obat herbal sakit gigi secara tradisional yang dapat dicoba bagi yang mengalami sakit gigi. Penggunaannya sangat mudah dan praktis serta dijamin aman untuk melakukannya. Oleh karena itu bagi yang berminat tidak perlu khawatir lagi karena semuanya berbahan alami dan tradisional.

Obat herbal sakit gigi secara tradisional yang sudah dijelaskan akan memudahkan kita khususnya bagi penderita sakit gigi yang malas beli obat. Penjelasan yang telah dibaca tentu sangat bermanfaat dan sangat membantu agar tidak perlu ribet lagi keluar rumah membeli obat. Jika ada yang lebih mudah kenapa tidak? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu