Pengertian, Cara Membuat Meringue Serta Aneka Topping Yang Cocok

kue busa - meringue

Bagi pecinta kuliner jajanan  pasti pernah merasakan nikmatnya kue meringue. Ya tidak salah lagi kue meringue adalah salah satu makanan penutup atau sering disebut dessert tradisional yang berasal dari Perancis. Atau ingin tahu bagaimana cara membuat meringue? Simak terus ulasan berikut ini.

Walaupun dessert tradisional yang satu ini berasal dari negara lain, namun kue meringue tetap bisa dinikmati. meringue juga salah satu yang paling banyak dipilih sebagai camilan. Selain lezat teksturnya yang lembut selalu nikmat untuk dinikmati saat waktu bersantai.

Apa Itu  Kue Busa (Meringue) ?

Meringue merupakan kue yang terbuat dari telur kocok  dengan gula. Untuk suasana dan keinginan tertentu terkadang kue ditambahkan dengan cuka atau perasan lemon atau juga cream of tartar. Sedangkan untuk perekat kue tersebut biasanya adonan ditambah degan sedikit garam, atau gelatin dan tepung meizena.

Dan untuk tekstur kue meringue yang mungil ini sedikit kenyal dan ringan di mulut, serta terasa lembut dan sedikit gurih pada bagian luarnya. Meringue tidak dipanggang degan waktu yang lama, dan si kue lembut meringue juga dapat disimpan selama 1 minggu  sehingga bisa awet.

Bahan Dan Cara Membuat Meringue

Bagi kaum ibu-ibu yang ingin mencoba membuat kue meringue dapat menyiapkan bahan-bahan dan menjadikan panduan cara membuat meringue seperti berikut ini :

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Untuk bisa menghasilkan si kue meringue ini hanya menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana dan tidak terlalu banyak.  Adapun bahan-bahan yang digunakan adalah :

  • Putih telur dari 4 butir telur.
  • Gula pasir 150 gram
  • Maizena 2 sendok makan.

Cara Membuatnya

Setelah bahan-bahan disiapkan maka kue dapat langsung dibuat dengan langkah-langkah :

  • Kocok putih telur di dalam wadah bersama dengan gula pasir yang telah disiapkan sebelumnya
  • Lalu tambahkan bubuk maizena ke dalam adonan putih telur dan pasir tadi, dan terus di kocok hingga terlihat mengembang.
  • Berikutnya bahan yang telah di kocok di pindahkan ke dalam loyang dan tambahkan topping di atasnya sesuai keinginan  dan untuk selanjutnya dipanggang dengan menggunakan oven dengan durasi 10 menit.

Berbagai Pilihan Topping Cantik Untuk Kue Meringue

Agar kue meringue terlihat menarik dan menawan dapat ditambahkan topping menarik yang akan menjadi meringue semakin lezat. Adapun beberapa pilihan topping yang dapat dijadikan pilihan adalah :

1. Serpihan Dark Coklat

Salah satu yang dapat dijadikan pilihan untuk menghiasi kue meringue adalah topping dengan taburan dan serpihan dark coklat potong dark coklat menjadi serpihan halus sedikit kasar. Dipastikan kue meringue akan menjadi sangat lezat dalam rasa dan menarik dalam tampilan

2. White Coklat

Selain dark coklat, topping bisa diganti dan ditukar dengan white coklat atau coklat putih tetap sama dengan membuatnya menjadi serpihan seperti pasir yang bertabur di atasnya. Dan jika menggunakan white coklat upayakan kue meringue diberi warna yang kontras agar terlihat indah misal warna merah atau warna gelap lainnya.

3. Almond

Dan yang telah bosan dengan topping coklat almond paling tepat untuk dijadikan topping si kue cantik meringue. Taburkan diatas nya dengan tatanan suka suka atau dengan sesuai keinginan tetap akan menambah kelezatan.

4. Caramelizet Huzzelnut

Dan pilihan berikut ini dijamin akan menjadikan kue meringue akan menjadi dessert berkelas dan mewah dengan topping caramelizet huzzelnut. kue meringue tidak saja hanya dijadikan camilan di rumah namun dengan topping yang satu ini dapat dijadikan ladang bisnis.

5. Buah Ceri atau Potongan Strawberi

Dan bagi yang menyukai buah-buahan buah ceri, strawberi atau lemon bisa di jadikan topping dijamin ekspektasi rasa tetap akan lezat dan tentunya memberi kenikmatan dalam setiap potongannya.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Walaupun cara membuat meringue terkesan mudah dan gampang  namun dessert yang satu ini merupakan salah satu kue yang gampang-gampang susah untuk mendapatkan hasil maksimal. Bisa saja kurang kenyal dan teksturnya tidak lembut. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kue cantik yang satu ini :

  • Jangan sampai ada tumpahan kuning telur atau cangkang telur ke dalam adonan putih telur pada saat pemisahan.
  • Agar puncak atau ujung kue meringue terlihat kaku jangan menuangkan gula pasir keseluruhan pada saat yang sama lakukan perlahan akan benar-benar tercampur pada saat di kocok.
  • Dan pastikan suhu oven tidak terlalu panas sehingga puncak atau muncung meringue tetap dalam tekstur lembab.

Meringue Dessert Sederhana Dan Lezat

Ternyata kue meringue adalah kue yang sangat mudah dibuat dan bahannya juga sangat mudah di cari. Informasi diatas sangat membantu para ibu rumah tangga untuk mengganti menu makanan bagi keluarga. Selain mudah kue meringue juga camilan sehat karena mengandung protein sangat cocok untuk asupan anak-anak yang aktif.

Cara membuat meringue di atas sangat lengkap dan tentunya akan memberikan informasi yang berbeda tentang kue meringue. Selamat mencoba dan berkreasi membuat kue meringue dessert sederhana dan juga lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu