Pengertian Tentang Apa Itu Buttercream, Macam Jenis Dan Trik Menyimpannya

buttercream

Buttercream adalah salah satu bahan yang selalu digunakan dalam membuat berbagai macam kue atau cake. Namun masih ada sebagian masyarakat yang belum memahami dan mengetahui apa itu buttercream. Untuk menambah wawasan tentang buttercream ulasan berikut akan sangat membantu.

Buttercream adalah salah satu topping yang paling banyak dipilih untuk menghiasi kue atau cake. Hal ini disebabkan karena buttercream sangat mudah dibuat dan rasanya juga lezat. Secara umum buttercream terbuat dari margarin dan gula namun ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang buttercream.

Apa Itu ButterCream?

Buttercream jenis krim yang selalu digunakan untuk menghias kue. Jenis krim yang satu ini itu berasal dari olahan mentega dan gula yang di kocok dan dicampur hingga mengembang dan lembut. Waktu untuk mencampurkannya sekitar 15 menit sampai benar-benar krim tidak menggumpal atau tidak sempurna pencampurannya.

Sudah dipastikan buttercream itu memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok untuk dasar olesan dalam menghias kue. Untuk rasanya adalah manis tidak tawar atau getir. Sehingga apabila digunakan pada kue jenis sponge menjadi paduan kue menjadi sempurna. Selain rasa ada warna yang putih atau sedikit kuning ini digunakan sebagian orang untuk ornamen pada kue atau bahan penutup agar kue terlihat sempurna rasa dan penampilannya.

Ragam Jenis Buttercream

Selain bahan dasar buttercream memiliki jenis-jenis yang sama namun berbeda. Perbedaannya berasal dari teknik pembuatan maupun negara asal yang berbeda.  Apa saja jenis-jenisnya simak penjelasan berikut ini:

1. Flour Buttercream

Jenis buttercream ini memiliki tekstur lebih lembut dan karena pembuatannya diawali dengan membuat puding membuat teksturnya lengket, dan padat hampir seperti lem. Dibuat dengan membuat puding dengan bahan susu, dan gula serta ditambahkan tepung.

2. Americcan Buttercream

Jenis kedua adalah jenis yang sangat creamy dan manis. Menggunakan bahan vanilla, krim, sugar powder, dan butter. Karena jenis ini mudah meleleh diupayakan untuk disimpan di dalam lemari pendingin.

3. German Buttercream

Terbuat dari 2 butir kuning telur dan butter, tekstur dan rasanya tetap ringan seperti butter pada umumnya. Namun german buttercream tidak akan tahan lama berada dalam suhu hangat.

4. French Buttercream

Terbayang super cream pada jenis ini karena terbuat dari busa kuning telur, selain warnanya yang kuning namun hati hati karena cream yang satu ini mengandung lemak yang tinggi. Bentuk dan teksturnya yang menggoda ingin selalu menelan dengan cepat setiap creamnya

5. Itallian Buttercream

Nah untuk jenis buttercream yang satu ini lebih tahan lama pada suhu yang hangat. Terbuat dari sirup gula dan putih telur. Dan untuk warnanya lebih terang mendekati warna putih.

6. Swiss Buttercream

Jenis cream ini adalah salah satu cream yang paling sering digunakan untuk membuat kue atau cake. Sedikit berbeda karena menggunakan hot sugar syrup melainkan egg dan foam based buttercream.

Trik Agar Buttercream Lebih Tahan Lama

Penjelasan tentang apa itu buttercream tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan penjelasan buttercream lainnya. Karena berbagai alasan ketika membuat kue buttercream menjadi lebih dan bersisa. Untuk lebih hemat ada perlunya menjalankan trik ini sehingga buttercream yang bersisa dapat bisa digunakan lagi di waktu yang berbeda. Berikut ini beberapa triknya :

1. Simpan Menggunakan Wadah Kedap Udara

Buttercream yang disimpan tanpa menggunakan tutup akan membuat buttercream mengering dan mengeras sehingga tidak akan bisa digunakan untuk topping kue. Oleh sebab itu gunakan wadah kedap udara dan simpanlah kedalam lemari pendingin yang biasa agar buttercream tahan selama dua minggu.

2.Untuk Disimpan dalam Frezzer

Jika memang buttercream dibuat untuk ketahanan 6 bulan dan menyimpannya dalam frezzer maka tetap harus dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat hal ini disebabkan karena buttercream dapat menyerap aroma dan bau apa saja yang ada dalam lemari pendingin. Dan jika ingin digunakan kembali biarkan buttercream kembali pada suhu normal.

3.Tempat Harus Bersih dan Tidak Bau

Terakhir sebelum menempatkan buttercream pada ke lemari pendingin pastikan wadah yang digunakan bersih, kering dan tidak menimbulkan bau. Karena untuk menjaga kualitas rasa dan bau pada buttercream

Ragam Kreatif Cupcake Dari Buttercream

Semakin banyak pengetahuan jenis dan varian buttercream tentunya akan menambah kreasi membuat cake tentunya. Ragam jenis dapat di sanding kan dengan ragam kreasi cake, maupun cupcake. Selain menambah kelezatan namun buttercream dapat menjadikan sajian kue menjadi sempurna. Pembahasan tentang apa itu buttercream tidak saja memberikan ilmu namun memberikan motivasi berkreasi.

Untuk hasil yang maksimal tentunya tidak saja karena cara membuatnya namun kualitas bahan untuk menghasilkan buttercream juga penting diperhatikan. Jangan malu untuk mencoba dan terus kreatif untuk hasil yang optimal. Tunggu apalagi bersiap untuk aksi menakjubkan membuat kue dan cupcake dengan menggunakan buttercream yang lembut, manis dan lezat.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu