Penjelasan Tanda Dan Gejala, Faktor, Serta Obat Herbal Osteoporosis

osteoporosis

Osteoporosis adalah dimana penyakit yang merupakan pengeroposan atau penurunan pada kepadatan tulang. Penyakit ini sering kira terduga atas kedatangannya namun pula bisa menyebabkan patah tulang. Sebab itulah banyak orang yang mencoba obat herbal osteoporosis untuk menghindari atau mencegah penyakit tersebut.

Editorial pick :

Macam dan jenis obat herbal gula darah

Obat herbal batuk berdahak yang dijamin ampuh

Banyak orang yang berpendapat bahwa penyakit osteoporosis adalah penyakit mutlak yang terjadi pada setiap orang. Namun faktanya penyakit osteoporosis dapat dicegah dengan pengobatan sejak dini. Sebab itulah ada tanda atau gejala yang harus masyarakat pahami agar terhindar dari penyakit tersebut.

Tanda Dan Gejala Terjadinya Osteoporosis

Banyak orang yang mengeluhkan tentang penyakit osteoporosis, disebabkan ketidaktahuan mereka akan gejala yang dialami. Diantaranya adalah, banyak pula orang yang sudah mengalami patah tulang karena penurunan kekuatan daya tahan tulang. Berikut ini adalah gejala yang bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis, diantaranya adalah

1. Badan Yang Menjadi Bungkuk

Badan yang berubah menjadi lebih buruk menandakan bahwa terkena penyakit osteoporosis. Hal itu karena kekuatan tulang yang sudah menurun. Sehingga pulang tersebut tidak mampu lagi untuk menopang tubuh.

2. Tinggi Badan Yang Semakin Menurun

Karena badan yang membungkuk bisa menyebabkan tinggi juga semakin menurun. Hal itu terjadi karena faktor seperti usia yang semakin bertambah.

3. Kekuatan Yang Semakin Menurun

Pada saat terkena penyakit osteoporosis maka kekuatan yang ada dalam tubuh juga semakin menurun. Karena pulang yang mengerti tidak mampu lagi menahan beban yang berat. Pada saat terjadi gejala seperti itu, jangan mencoba untuk mengangkat beban yang berat karena bisa terjadi pada pulang.

4. Mudah Terjadi Patah Tulang

Penyakit osteoporosis bisa terjadi karena mengalami gejala mudahnya terjadi pada tulang. Harga terjadi karena osteoporosis berarti pengeroposan dan penurunan kekuatan pada tulang.

Orang yang sudah pernah mengalami patah tulang sebelumnya lebih rentan terkena penyakit osteoporosis. Meskipun hanya patah tulang yang ringan namun hal itu bisa menyebabkan pengeroposan di kemudian hari. Apalagi jika patah tulang tersebut terjadi pada usia lebih dari 50 tahun.

Faktor Yang Bisa Menyebabkan Penyakit Osteoporosis

Banyak orang yang berpendapat bahwa, osteoporosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh penuaan karena menurutnya hormon pada wanita dan juga laki-laki. Namun sebenarnya, ada pula faktor lainnya yang bisa menyebabkan penyakit osteoporosis pada semua orang. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit osteoporosis :

1. Berdasarkan Jenis kelamin

Dalam hal ini faktor perbedaan jenis kelamin tidaklah bisa diubah, walaupun keduanya pasti bisa mengalami osteoporosis. Osteoporosis terjadi ketika wanita akan mengalami penurunan hormon estrogen, dan laki-laki penurunan hormon testosteron. Namun fakta mengungkapkan bahwa wanita lebih banyak resiko terserang penyakit osteoporosis dibanding laki-laki.

Ketika wanita mengalami penurunan hormon estrogen, maka hal tersebut mempersulit tulang membentuk struktur dan juga jaringan baru. Begitu pun pada laki-laki yang mengalami penurunan hormon testosteron yang bisa menyebabkan pengeroposan tulang.

2. Usia Yang Semakin Tua

Faktor resiko yang menyebabkan penyakit osteoporosis, salah satunya adalah usia yang semakin tua. Karena pada saat usia bertambah maka saat itu pulalah kekuatan tulang menjadi menurun. Biasanya osteoporosis datang ketika rentan umur 30 tahun terlebih wanita yang sudah menopause.

3. Ukuran Dan Berat Badan tubuh

Hal yang bisa menyebabkan penyakit osteoporosis selanjutnya adalah ukuran dan juga berat badan pada tubuh seseorang. Bentuk tubuh kecil dan juga berbadan kurus pada tubuh seseorang, baik perempuan membuka laki-laki lebih tinggi resiko terkena osteoporosis. Begitu pun sebaliknya, tubuh yang lebih besar memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit osteoporosis.

4. Riwayat Pada Keluarga

Penyakit osteoporosis, atau pengeroposan tulang juga bisa terjadi karena faktor riwayat kesehatan pada keluarga. Hal itu berarti, jika terdapat keluarga yang memiliki riwayat penyakit osteoporosis bisa menurunkan pada yang lain. Resiko terkena penyakit osteoporosis karena keturunan keluarga, lebih rentan terjadi.

5. Tidak Dapat Asupan Kalsium Dan Vitamin D

Kalsium dan juga vitamin D akan membuat ulang semakin kuat. Namun bagi orang yang melakukan diet rendah kalsium, hal itu bisa menyebabkan osteoporosis. Dikarenakan asupan kalsium dan vitamin D yang terlalu rendah.

6. Menggunakan obat-obatan

Mengkonsumsi obat yang memiliki efek atau resiko lain juga bisa membahayakan bagi tubuh. Salah satunya adalah, banyak orang yang tidak mengerti bahwa penggunaan obat bisa menyebabkan risiko terkena osteoporosis. Seperti pada obat kortikosteroid, agen kemoterapi dan anti depresi juga lainnya bisa menyebabkan penyakit osteoporosis.

Obat Herbal Osteoporosis Dan Cara Menggunakannya

Ketika sudah mengalami gejala dan juga faktor yang bisa menyebabkan osteoporosis, maka diperlukan obat herbal dan juga pengobatannya. Hal itu bisa memperlambat atau tidak mempermudah pengembangan osteoporosis. Berikut ini adalah obat herbal osteoporosis dan cara menggunakannya :

1. Kacang Kedelai

Susu yang terkandung dalam kedelai, baik untuk kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan. Hal tersebut lah yang membuat kacang kedelai sangat baik untuk penyakit osteoporosis. Kandungan isoflavonoid dan senyawa genistein dalam kedelai yang mampu menurunkan resiko osteoporosis.

2. Teh Hijau

Teh hijau juga dipercaya sebagai obat herbal osteoporosis. Karena bisa mengurangi peradangan dengan kandungan polifenol yang ada di dalamnya. Sehingga tulang rawan pada persendian terdapat perlindungan yang maksimal.

3. Singkong

Mengkonsumsi singkong secara rutin bisa menurunkan resiko terkena osteoporosis. Karena kandungan vitamin K dalam singkong bisa menumbuhkan kekuatan pada tulang. Sebab itulah singkong sangat baik pada kesehatan tulang dan sendi.

4. Berolahraga Secara Teratur

Sifat malas yang bisa menimbulkan kurang beraktivitas dan juga tidak berolahraga bisa berisiko penyakit osteoporosis. Hal itu karena menyebabkan tulang menjadi lemah karena terlalu lama berbaring atau tidak bergerak. Sebab itu lakukan aktivitas dan juga olahraga sehingga melatih tulang untuk tetap kuat.

Itulah beberapa penjelasan tentang tanda dan gejala, faktor, obat herbal dan cara pengobatan untuk penyakit osteoporosis. Alangkah baiknya mencegah atau memperlambat kedatangan penyakit osteoporosis sejak dini. Agar kesehatan tubuh tidak cepat menurun.

Baca juga info kesehatan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu