Penyebab Dan Obat Herbal Alergi Dingin Yang Dapat Dijadikan Referensi

obat herbal tipes

Alergi memang dapat disebabkan oleh apa saja, mulai dari makanan, virus bahkan cuaca. Salah satu yang sedang banyak menimpa saat ini adalah alergi dingin yang dapat memberikan rasa gatal dan juga ruam pada kulit. Terkadang untuk ke dokter rasa malas sering muncul karena menganggap enteng alergi ini. Untuk itu cara terbaiknya adalah dengan menggunakan obat herbal alergi dingin yang sudah banyak tersedia saat ini.

Penyebab Alergi Dingin Muncul

Terkadang banyak orang tidak sadar akibat dari ruam dan rasa gatal pada tubuh, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa itu adalah alergi akibat dingin. Penyebab alergi saat dingin  terjadi karena virus dan juga penyakit keturunan bukan karena makanan. Dimana tubuh penderita alergi ini memiliki sel kulit yang sensitif sehingga alergi pun muncul hanya karena dingin. Jika dibiarkan rasa gatal, ruam dan juga panas akan semakin meningkat.

Obat Herbal Alergi Dingin Yang Dapat Dicoba

Alergi dingin memang memiliki efek yang tidak terlalu parah dan memang sering disepelekan namun jika didiamkan terkadang akan parah dampaknya. Jika cuaca dingin atau keadaan sekitar memiliki suhu dingin yang berlebih tentu saja dampaknya akan lebih besar. Untuk itu jika tidak sempat ke dokter ada baiknya mencoba membuat sendiri obat herbal. Berikut obat herbal alergi dingin yang dapat dicoba dan dijadikan referensi:

1. Obat Herbal Dari Air Kelapa Muda

Air pada kelapa muda memang terkenal mampu membersihkan racun yang berkadar ringan, salah satunya adalah alergi dingin. Dengan mengonsumsi air kelapa muda akan membuat toksin keluar dari tubuh sehingga gejala alergi seperti ruam, panas dan juga gatal akan berkurang.

2. Obat Herbal Dari Madu

Madu dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit pada tubuh, dimana sistem kekebalan tubuh akan lebih meningkat jika mengonsumsi madu. Perlu diingat bahwa madu tidak perlu dimasak dan dapat dikonsumsi langsung. Semua itu agar khasiat yang terkandung tidak berkurang. Bisa dengan mencampur madu dengan air hangat saja, obat herbal alergi dingin ini terpercaya ampuh.

Baca juga : macam-macam obat herbal ambeien yang bisa dicoba di rumah

Namun dapat juga langsung mengonsumsi madu tanpa air hangat setiap hari sebanyak 1 hingga 2 sdm saja sebanyak 2 hingga 3 kali. Tidak akan ada masalah jika mengonsumsi madu lebih banyak lagi karena itu justru akan membuat daya tahan tubuh meningkat. Dimana tentunya akan membuat dampak dari alergi berkurang.

3. Obat Herbal Dari Jeruk Nipis

Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai obat batuk namun sebenarnya dapat juga mengatasi alergi dingin yang terjadi. Obat herbal alergi dingin ini tidak boleh dikonsumsi untuk penderita asam lambung karena akan membuat asam lambung meningkat. Namun untuk yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut tidak ada salahnya mencoba. Dimana cara membuatnya mudah, hanya perlu mencampurkan air hangat dengan air perasan jeruk nipis. Cukup diminum setiap hari hingga beberapa bulan secara rutin akan membuat alergi semakin berkurang.

4. Obat Herbal Dari Bawang Merah

Dalam bawang merah terdapat kandungan Quercetin yang mampu meminimalisir akibat dari alergi dingin. Alergi dingin yang dibiarkan terkadang akan membuat penderita sulit bernafas. Selain itu ada kandungan lain yaitu antihistamin yang dapat membuat pernafasan menjadi lebih lega.

Baca juga : Obat Herbal Radang Tenngorokan yang bisa dibuat di rumah

Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan cara mengiris bawang merah dan memasukannya pada air lalu diamkan air tersebut selama setengah hari. Untuk membuat rasa lebih enak akan lebih baik jika ditambahkan dengan madu juga. Air bawang merah ini dapat bertahan selama 4 hari jika disimpan pada lemari es.

5. Obat Herbal Dari Cuka Sari Apel

Sejak dahulu cuka sari apel dikenal mampu menurunkan kolestrol namun ternyata bukan hanya itu saja khasiatnya. Dimana cuka sari apel juga dapat menurunkan gejala alergi dingin. Cara untuk menggunakan cuka sari apel cukup mudah, hanya perlu menambahkan dengan air baru setelah itu baluri pada tubuh yang beruam. Bahkan untuk hasil yang lebih baik, cuka sari apel dapat dicampur pada air saat mandi.

6. Obat Herbal Dari Uap Air Garam

Tidak semua garam dapat digunakan sebagai obat herbal alergi dingin yang berkhasiat dan ampuh, haruslah dengan garam yang tidak bersodium. Dimana caranya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan air panas yang telah dimasukkan garam. Lalu biarkan uap keluar, lalu hirup uap yang muncul yang akan membuat dampak alergi berkurang.

7. Obat Herbal Dari Jahe

Jahe memang terkenal akan keampuhannya mengatasi berbagai jenis penyakit, namun perlu diketahui bahwa mengonsumsi jahe tidak boleh berlebihan. Jika takaran sesuai makan alergi mulai dari makanan hingga karena dingin pun dapat terobati.

Cara membuatnya cukup mudah, dimana hanya perlu menyiapkan seruas jahe lalu jangan lupa dikupas dan dibersihkan. Lalu letakkan jahe pada sebuah wadah dan siram air panas di dalamnya. Setelah 10 menit obat herbal dari jahe sudah dapat dikonsumsi. Jika merasa hambar dan ingin ditambahkan pemanis ada baiknya tambahkan saja madu. Jangan menggunakan gula apa lagi pemanis buatan, cukup minum secara teratur hingga alergi menghilang.

Itulah hal mengenai obat herbal alergi dingin yang dapat dijadikan referensi. Dengan mengetahui beberapa hal diatas tentu akan membantu mengatasi masalah akibat alergi. Dimana alergi dingin atau penyakit lainnya tidaklah boleh disepelekan mau sekecil apapun dampaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu