Peralatan Membuat Kue Bolu Keju Beserta Bahan Dan Caranya

Kue Bolu merupakan cemilan enak yang digemari oleh berbagai lapisan masyarakat dari berbagai umur, apa lagi kue bolu panggang keju. Namun harga yang dibandrol relatif mahal di toko hal itu tentu membuat pertimbangan untuk tidak membelinya. Untuk itu hanya satu cara mengatasinya, yaitu dengan membuatnya sendiri. Karenanya resep harus diketahui dan dipahami, serta semua bahan dan peralatan membuat kue bolu harus dipersiapkan.

Bahan Adonan Kue Bolu Keju

Untuk membuat kue bolu panggang keju yang pertama adalah menyiapkan bahan adonan barulah setelah itu peralatan membuat kue bolu dipikirkan. Semua bahan harus dipersiapkan dengan baik, sehingga rasa yang diinginkan akan sesuai harapan. Berikut bahan untuk membuat bolu panggang keju yang harus dipersiapkan:

  • Siapkan 4 buah telur ayam (putih dan kuningnya dipisahkan)
  • Lalu gula pasir atau gula bubuk (sesuai selera) sebanyak 80 gram
  • Siapkan setidaknya 60 gram tepung (diayak)
  • Tepung maizena 10 gram
  • 1 bungkus Margarin dilelehkan
  • Berikutnya baking powder setengah sdt
  • Susu kental manis atau bisa juga susu bubuk 2 sdm

Peralatan Membuat Kue Bolu Panggang Keju

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa peralatan membuat kue bolu jugalah penting untuk dipersiapkan. Dimana selain bahan, peralatan jugalah merupakan hal yang menunjang untuk rasa kue bolu. Berikut peralatan membuat kue bolu keju yang harus dipersiapkan dan wajib ada:

1. Kocokan Atau Mixer

Ini merupakan peralatan membuat kue bolu yang wajib ada. Alat ini sangat menunjang pembuatan adonan. Sehingga adonan yang dicampur menjadi merata serta menghasilkan bolu yang berkualitas. Sebenarnya ada berbagai macam mixer tetapi untuk pembuatan kue bolu rumahan masih bisa dibuat dari mixer standar saja. Kecuali diproduksi dalam jumlah besar, harus menggunakan mixer khusus untuk mempercepat produksi. Mixer berguna mencegah matangnya bahan sebelum dipanggang.

2. Beberapa Jenis Wadah

Saat mencampurkan adonan untuk membuat kue bolu. Diperlukan wadah yang terbuat dari stainless steel, plastik atau berbahan cukup tebal. Wadah juga harus dipastikan kering serta bersih sebelum dimasukkan adonan. Apa lagi jika akan mengocok telur, wadah yang digunakan harus dipastikan benar-benar kering.

3. Timbangan Bahan

Setelah itu peralatan membuat kue bolu berikutnya adalah timbangan. Berguna untuk menimbang bahan adonan agar sesuai dengan takaran baku. Ada dua jenis timbangan, yaitu analog dan digital, keduanya dapat digunakan. Pastikan timbangan akurat, sehingga hasil kue bolu sempurna di setiap proses produksinya.

4. Siapkan Kompor

Tidak semua jenis kompor dapat digunakan dalam untuk membuat kue bolu. Jenis kompor yang tepat juga dapat menunjang menghasilkan kue bolu yang sempurna. Kompor haruslah yang memiliki banyak lubang perapian atau biasa disebut dengan nama kompor lilin. Sangat disarankan gunakan kompor lilin untuk membuat adonan matang sempurna. Karena kompor ini selain bagus juga cepat dalam proses pemanggangan dan bolu akan matang merata. Namun kompor biasa tetap juga masih dapat digunakan untuk membuat kue bolu rumahan.

5. Loyang Bolu

Peralatan membuat kue bolu yang sangat penting dan wajib ada adalah loyang. Karena jika tidak memiliki loyang, tidak akan bisa membuat bolu dengan bentuk yang sempurna. Bahan loyang yang sempurna adalah yang terbuat dari tembaga, baja, kuningan dan besi cor dan yang terburuk berbahan alumunium. Sehingga bahan tersebut tidak akan menimbulkan efek pada bahan adonan kue bolu.

6. Oven

Seperti yang diketahui, tersedia berbagai jenis oven saat ini, mulai dari yang sederhana untuk memanggang 1 kue bolu hingga yang mewah dan menampung banyak. Namun untuk membuat kue bolu rumahan, cukup dengan oven sederhana saja.

7. Ayakan

Ayakan bisa dibilang cukup dibutuhkan. Karena dapat digunakan untuk mengayak tepung agar tidak menggumpal. Sehingga kue bolu yang dihasilkan berkualitas baik yang tentu rasanya akan lebih enak.

8. Parutan Keju

Seperti namanya yaitu kue bolu panggang keju tentu saja membutuhkan parutan keju. Dimana parutan ini berguna nantinya untuk mempermudah pemberian topping keju, baik untuk di bagian dalam adonan ataupun di permukaannya.

Cara Membuat Kue Bolu Panggang Keju

Setelah semua bahan dan peralatan membuat kue bolu sudah siap barulah ke tahap mempraktekannya. Berikut cara membuat kue bolu keju yang selain benar juga enak dan nikmat:

  • Pertama siapkan mixer, lalu masukan kuning telur dan gula pasir dan pengembang ke dalam wadah. Hidupkan mixer dengan kecepatan tinggi, sehingga telur mengembang dengan baik.
  • Di wadah yang berbeda, putih telur dan gula halus di mixer hingga tercampur. Lalu masukan bahan ke adonan telur yang telah dikocok, barulah setelah itu aduk semua bahan.
  • Ambil tepung dan masukan perlahan ke dalam adonan yang telah di campurkan tadi,  masukan maizeina dan juga baking powder. Aduk-aduk kembali adonan hingga rata. Jangan lupa masukan margarin yang sebelumnya telah dicampurkan dan didinginkan.
  • Keju diparut lalu dimasukkan ke dalam adonan
  • Siapkan loyang yang telah diberi margarin di setiap permukaannya. Tuanglah  adonan pada loyang perlahan-lahan, step akhir taburi juga keju parut di permukaan adonan.
  • Siapkan oven lalu masukan loyang yang berisi adonan. Panggang hingga matang kurang lebih 30 hingga 40 menit.
  • Setelah bolu dirasa matang, angkat taburi kembali dengan keju atau sesuai selera.

Itulah bahan, cara dan peralatan membuat kue bolu yang baik dan tentunya benar. Dengan memperhatikan setiap peralatan yang digunakan tentunya hasil akan memuaskan. Untuk itu pilihlah peralatan yang berkualitas yang dapat digunakan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu