Pilih 5 Mainan untuk Bayi 2 Bulan dengan Tips Ini

Siapa bilang bayi yang berusia 2 bulan tidak membutuhkan mainan? Meski usianya masih semuda itu dan masih menghabiskan banyak waktu untuk tertidur, namun ternyata bayi berusia 2 bulan juga membutuhkan stimulan melalui bermain. Dengan begitu, akan memperkuat dan menyempurnakan perkembangan saraf motoriknya.

Ketika bayi berada diusia bulan pertamanya, biasanya ia sudah bejalar untuk menangkap objek yang berada dihadapannya, meski pandangannya masih belum sempurna. Lantaran bayi di bulan pertamanya hanya mampu melihat dengan jarak tak lebih dari 30 centimeter saja. Sedangkan, seiring dengan berjalannya waktu, pada bulan kedua maka bayi sudah memiliki kemampuan melihat yang jauh lebih sempurna, yakni mencapai 37 hingga 38 centimeter. Jadi pada usia inilah sang bunda sudah boleh memilihkan sejumlah mainan untuk melatihnya banyak hal, mulai dari motorik hingga mengekspresikan diri dengan bermain.

Biasanya, sang bunda akan memilih mainan yang berwarna cerah dan mengeluarkan bebunyian. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian si bayi dan menguji penglihatannya dengan warna-warna yang cerah. Mainan yang mengeluarkan bunyi juga bisa dipilih untuk mengalihkan perhatian si bayi ketika rewel. Jadi hal ini sangat membantu sang bunda yang sedang sibuk membereskan pekerjaan rumah, seperti memasak dan mencuci pakaian.
Dalam artikel ini, ada sejumlah tips untuk memilih mainan yang baik untuk bayi yang berusia 2 bulan. Bagi bunda yang memiliki bayi usia 2 bulan, artikel ini patut menjadi referensi dalam memilih mainan yang sesuai dengan tumbuh kembang bayi.

  1. Mainan yang digantung dan berwarna cerah
    Pemilihan warna selalu disarankan yang cerah, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Hal ini untuk membantu menyempurnakan indera penglihatan sang bayi. Mainan yang digantung akan membuat bayi sang bunda berusaha untuk menggapainya, sehingga bayi bunda terus bergerak dan berusaha untuk fokus pada benda yang digantung tersebut. Sekali jalan bisa mendapatkan banyak manfaat, bukan hanya membuat bayi bunda senang, tetapi juga membuatnya semakin kuat dan mengalami tumbuh kembang yang sempurna.
  2. Mainan dengan tekstur yang lembut
    Bunda harus memilihkan mainan dengan tekstur yang lembut. Ini lantaran bayi di usia 2 bulan, masih berfokus pada kegiatan oral. Semua benda ingin ia masukkan ke dalam mulutnya. Itulah sebabnya bunda harus pintar-pintar memilihkannya mainan.
  3. Mainan yang tidak berbulu
    Jangan memberikannya mainan yang berbulu, seperti boneka atau semacamnya. Untuk anak usia 2 bulan, mainan seperti boneka yang memiliki bulu atau rambut sangat tidak disarankan. Bulu dan rambut boneka bisa saja tertelan dan merusak sistem pencernaan bayi bunda.
  4. Boneka karet
    Mainan untuk bayi yang berusia 2 bulan disediakan dengan varian bahan. Salah satunya ialah boneka karet dengan beragam bentuk. Mulai dari boneka karet yang tidak bertekstur hingga bertekstur untuk memberikan efek pijatan pada gusi bayi ketika mengigitnya.
  5. Mainan bola sebesar kepalan tangan
    Untuk memberikan bayi mainan yang baik bagi sang buah hati di usianya yang dua bulan adalah memberinya bola yang sebesar kepalan tangannya. Ukuran menyerupai bola golf sehingga bayi bunda bisa menggenggam bola tersebut. Bola yang digenggam akan membantu penyempurnaan fungsi saraf motorik bayi.

    Tidak disarankan untuk memberikan mainan yang berukuran terlalu kecil. Kenapa? Karena hal itu akan membahayakan bayi bunda di rumah. Mainan yang berukuran bisa tertelan dan membuatnya tersedak. Jadi, pilihlah mainan yang aman dan mampu membantunya untuk tumbuh dan berkembang secara sempurna. Semoga bermanfaat ya, bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu