Ramuan Obat Herbal Lambung Kronis Yang Alami Dan Ampuh

Penyakit lambung kronis adalah gangguan lambung yang terjadi berulang-ulang dan dalam rentan waktu yang lama. Biasanya, lambung kronis mengalami sakit atau nyeri pada perut bagian atas. Gangguan pencernaan yang terjadi pada dinding lambung ini tentunya sangat mengganggu penderitanya. Pengobatan penyakit ini dapat diatasi dengan obat herbal lambung kronis.

Baca juga : Gejala dan obat herbal impotensi

Jika terjadi ketidaknyamanan pada saluran pencernaan dan nyeri perut bagian atas. Kemudian sering terjadi kembung dan merasakan perut penuh pada bagian atas setelah makan. Ditambah lagi mengalami mual dan muntah, bisa jadi mengalami lambung kronis. Tentunya lebih baik diobati segera mungkin agar tidak menjadi gawat.

Memiliki penyakit lambung kronis tentunya sangat mengganggu dalam melakukan beragam aktivitas. Untuk menyembuhkannya dapat berkonsultasi dengan dokter atau mengobatinya dengan obat herbal yang alami. Terdapat beragam ramuan obat untuk penyakit ini, berikut adalah ulasan mengenai obat herbal lambung kronis yang alami dan manjur:

  1. Teh Chamomile
    Chamomile dikenal sebagai bunga yang sangat cantik untuk menghias ruangan maupun untuk karangan bunga. Namun, siapa sangka bunga ini dapat dijadikan teh yang berkhasiat untuk meminimalisir penyakit lambung kronis. Teh chamomile dapat membantu tidur lebih lelap yang berefek pada penenang di saluran pencernaan. Selebihnya, chamomile juga dapat mengurangi jumlah asam lambung.
    Cara membuat teh chamomile sangatlah mudah, siapkanlah air panas dan taruhlah satu atau dua kantung teh chamomile. Diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Jika ingin rasa yang lebih enak, dapat dicampurkan dengan madu atau gula. Minumlah secangkir teh sebelum tidur untuk meredakan peradangan di perut.
  2. Lidah Buaya
    Terdapat penelitian dari Journal of Traditional Chinese Medicine tentang manfaat mengonsumsi lidah buaya mengurangi penyakit lambung kronis. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang meminum 10cc jus lidah buaya tiap hari selama empat minggu, mengalami perbaikan saluran pencernaan. Selain itu, berkurangnya nyeri akibat lambung kronis.

    Lidah buaya juga diyakini untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung yang berlebihan serta melancarkan pergerakan usus dalam membuang racun. Di sisi lain, juga dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan dari asam lambung. Caranya yakni dengan mengonsumsi setengah cangkir jus lidah buaya sebelum makan setiap hari.
  3. Jahe sebagai obat herbal impotensi
    Jahe merupakan tanaman rimpang yang memiliki sejuta manfaat, salah satunya sebagai obat herbal lambung kronis. Efek gastroprotektif pada jahe dapat menyeimbangkan jumlah asam pada lambung serta menurunkan bakteri Helicobacter pylori. Adanya bakteri tersebut dapat menyebabkan lambung menimbun beragam penyakit.

    Cara mengonsumsinya agar merasakan khasiat jahe yakni dengan meminum air rebusan jahe. Rebuslah satu atau dua rimpang jahe dengan beberapa gelas air sampai mendidih. Sebelum meminumnya, dapat ditambahkan madu, gula, atau air perasan lemon untuk rasa yang lebih enak. Minumlah secara rutin sebelum makan untuk menjaga keseimbangan asam lambung.
  4. Daun Salam
    Daun salam tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap masakan, tetapi dapat berkhasiat untuk menyembuhkan lambung kronis. Enzim urease yang terkandung di dalamnya dinilai dapat mengurangi penyakit gangguan lambung. Air rebusan daun salam juga dapat mengurangi nyeri ketika asam lambung sedang naik.

    Ramuan daun salam tentunya mudah dibuat yakni dengan mengambil dua puluh lembar daun salam. Cuci dan rebus dengan tiga gelas air serta tambahkan gula batu secukupnya. Tunggu sampai mendidih dan air hanya bersisa satu gelas saja. Minumlah setiap hari dengan takaran satu gelas, agar manfaat dari rebusan daun salam terasa maksimal.
  5. Temulawak
    Temulawak atau dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza adalah jagonya dalam hal mengurangi sakit lambung. Tanaman rimpang ini diteliti dapat memperbaiki jika adanya kerusakan lambung pada tubuh. Tambahan dosis temulawak juga dapat melindungi organ lambung dan tidak dapat meningkatkan gas pada lambung sehingga aman dikonsumsi.

    Membuat ramuan dari temulawak yaitu dengan menyiapkan beberapa rimpang temulawak. Irislah tipis-tipis dan kemudian keringkan di bawah matahari. Kemudian, rebuslah dengan delapan gelas air hingga air rebusan mencapai tiga gelas. Konsumsilah jika sudah dingin sebanyak satu kali dalam sehari sampai gejala yang dirasa berkurang.
  6. Daun Jambu Biji
    Tidak hanya jambu biji yang dapat dinikmati, tetapi daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal lambung kronis. Kandungan senyawa di dalamnya seperti antioksidan, tannin, flavonoid, dan lainnya dapat berkhasiat sebagai pembunuh virus dan bakteri penyebab penyakit lambung.
    Daun jambu biji lokal lebih banyak mengandung antioksidan dibandingkan dengan daun jambu biji merah. Cara mengolahnya sebagai obat penyakit lambung yakni dengan menyediakan delapan helai daun jambu biji. Rebus dengan dua gelas air hingga air rebusan tersisa menjadi satu gelas. Minumlah secara rutin tiga kali dalam sehari untuk hasil yang optimal.

    Itulah ulasan mengenai obat herbal lambung kronis yang ampuh dan dapat dicoba di rumah. Lakukanlah cara yang telah disebutkan dengan rutin agar dapat merasakan khasiat dari masing-masing tanaman herbal dengan optimal. Tetaplah menjaga pola makan dan hidup sehat agar penyakit lambung tidak menjadi parah dan membutuhkan tindakan lebih lanjut.

Info obat herbal lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu