Yuk, Praktikkan Resep Bubur MPASI Berikut Ini untuk Penuhi Nutrisi Bayi!

nutrisi makanan bayi

Jika bayi sudah berusia 6 bulan, berarti bayi sudah siap menerima Makanan Pendamping ASI (MPASI). Memang, banyak tersedia bubur bayi instan berlabel organik di pasar swalayan. Namun, alangkah baiknya jika Anda membuat bubur sendiri. Nah, berikut ini ada resep MPASI yang akan memenuhi nutrisi bayi Anda.

Resep pertama adalah bubur ubi jalar. Bahan dasarnya yakni kurang lebih 4 ons ubi jalar yang sudah dipotong-potong dadu, lalu ada secangkir air putih. Caranya, rebus potongan ubi bersama air selama 15 menit atau teksturnya sudah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Ubi akan melembek setelah direbus. Jika tidak, Anda bisa menekan-nekannya dengan punggung sendok. Supaya tekstur lebih lembut lagi, blender ubi yang sudah lumayan lembek. Bubur ubi pun siap disajikan.

Resep kedua adalah bubur wortel. Potong-potong wortel sebanyak yang Anda inginkan, lalu kukus selama 20-25 menit atau sampai empuk. Setelah itu, haluskan wortel bersama sedikit air dengan menggunakan food processor.

Selanjutnya, resep bubur apel. Sebenarnya, apel adalah buah-buahan yang paling sering terkontaminasi dengan pestisida. Oleh sebab itu, pilihlah buah apel organik. Anda bisa mencampur beberapa varietas untuk satu hidangan bubur.

Siapkan 5-10 apel besar, atau 10-15 apel kecil (terdiri dari dua atau tiga varietas). Cuci semuanya sampai bersih. Lebih efisien jika Anda menggunakan alat pemotong apel, tapi Anda juga bisa mengiris-irisnya menjadi setengah bagian.

Rebus potongan apel hingga empuk. Berikutnya, blender apel yang sudah direbus sampai benar-benar halus. Sajikan bubur apel bersama bubuk kayu manis sesuai selera.

Resep selanjutnya disajikan untuk bayi berusia 6-9 bulan, yakni bubur ayam dengan wortel dan apel. Pada rentang usia tersebut, sudah saatnya memperkenalkan rasa ayam pada bayi. Wortel dan apel akan memberikan rasa manis dan tekstur yang lembut sehingga lebih mudah ditelan.

Bahan-bahannya; ½ sendok teh zaitun, ½ siung bawang merah yang diiris-iris, 350 gram wortel dipotong-potong, 250 ml kaldu ayam (unsalted), 125 gram dada ayam, 1 apel dipotong-potong.

Langkah pertama, panaskan minyak zaitun di atas panci. Tumis dengan irisan bawang hingga layu. Tambahkan potongan wortel, lalu tuangkan kaldu ayam. Tutup panci dan masak selama 10 menit.

Selanjutnya, masukkan potongan dada ayam bersama wortel, lalu masak lagi selama 10 menit. Jika sudah matang, haluskan masakan tersebut dengan menggunakan blender. Sajikan selagi masih hangat.

Perlu diketahui, semua resep bubur MPASI di atas tidak dihidangkan sekaligus untuk bayi. Pisahkan porsi yang akan langsung dihidangkan, dan porsi yang bisa disimpan di kulkas.

Bekukan bubur dalam freezer agar lebih tahan lama. Jadi, Anda tidak terlalu repot membuatkan bubur setiap hari. Jika ingin disajikan keesokan harinya, panaskan bubur dalam microwave.

Selamat mencoba resep bubur MPASI untuk menunjang nutrisi bayi! Kalau Anda ingin lebih jelas lagi, silakan buka langsung sumber websitenya melalui tautan yang dicantumkan di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu